Cara Menjual Produk Digital atau Non Fisik di Shopee - JALUR INFORMASI

23.12.21

Cara Menjual Produk Digital atau Non Fisik di Shopee

Cara jualan produk non fisik di shopee


Halo gais, jika sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara Jualan Cara Jualan di Shopee Tanpa Barang/Modal Maka dalam pembahasan kali ini admin akan membahas bagaimana cara jualan produk non fisik di Shopee.

Karena di Shopee tidak selalu harus produk fisik, kok. Saat ini sudah banyak seller yang jual barang non fisik Shopee yang keuntungannya pun tidak kalah besar dengan produk fisik pada umumnya. Seandainya Anda tidak ingin menjual suatu produk fisik, Anda bisa menerapkan cara menjual jasa di Shopee. Tapi, gimana caranya?

Tenang jangan khawatir ya, karena Shopee sudah memiliki fitur yang canggih dan berguna tak hanya bagi pembeli, tapi juga untuk penjual yang berbisnis online melalui Shopee. Fitur ini meliputi fitur gratis ongkir, cashback, diskon, event bulanan, Live Streaming, fitur Naikkan Produk, Iklanku, Promosi Saya, Shopee Mall, Shopee Star Seller, Shopee Star+ Seller, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis online, cobalah untuk membuka toko online shop di Shopee dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan. Tapi, Anda juga perlu melakukan pengaktifan non integrated channel Shopee, ya.

Kalau sudah integrasikan toko, verifikasi toko online, saatnya mulai jualan! Nantinya, Anda bisa mulai melakukan cara buat voucher Shopee, cara buat gratis ongkir, dan mengaktifkan fitur lainnya supaya mampu mendapatkan konsumen dengan cepat sekaligus meningkatkan penjualan yang konsisten.

Cara Menjual Produk Digital atau Non Fisik di Shopee

Shopee tak hanya memberikan kebebasan untuk Anda menjual suatu produk, tapi Anda juga bisa jual barang non fisik di Shopee, lho. Produk digital atau sering disebut non fisik dapat berupa banyak jenis. Berikut adalah contoh produk digital yang sering dijual di Shopee beserta klasifikasinya.

Produk Isi Ulang: pulsa, paket data, e-money, dan roaming.

Produk Tagihan: token listrik PLN, BPJS kesehatan, Telkom, PDAM, pasca bayar, TV kabel, angsuran kredit, kartu kredit, dan e-SIM.

Produk Tiket: tiket kereta api, tiket pesawat, tiket bus dan travel.

Produk Hobi dan Hiburan: voucher game, deals sekitarmu, tiket event dan konser untuk hiburan.

Keuangan: donasi dan zakat.

Produk Jasa: jasa pembuatan surat lamaran atau CV, jasa pembuatan website, jasa membuat akun Youtube, dan jasa mencetak undangan.

Jika sudah mengetahuinya, Bagaimana Cara Menjual Produk Digital di Shopee?

Jika Anda tidak memproduksi sendiri barang tersebut, Anda bisa melakukan bisnis reseller atau dropshipper untuk jual barang non fisik di Shopee, kok. Cukup cari supplier tangan pertama di Shopee yang juga menjual produk non fisik di Shopee, pastikan sesuai dengan yang ingin Anda inginkan dan budget yang terjangkau, lalu jual kembali produk tersebut ke toko online milik Anda sendiri.

Mengaktifkan Fitur Termasuk Ongkos Kirim atau Non Integrated Channel

cara jualan produk digital di shopee


Langkahnya, Anda bisa mengaktifkan fitur Termasuk Ongkos Kirim di Shopee untuk membantu Anda langsung mengubah status pesanan menjadi “Terkirim” tanpa harus benar-benar mengirim produk jualan Anda kepada pembeli. 

Nantinya, Anda hanya perlu konfirmasi ke pembeli kalau produk Anda itu telah terkirim. Apabila mereka telah mengubah status menjadi “Pesanan Diterima,” maka hasil penjualan akan masuk ke saldo Shopee Anda.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda tidak akan dikenakan biaya ongkos kirim, tapi verifikasi dari pihak Shopee butuh waktu dari 3 hingga 5 hari kerja. 

Pastikan informasi yang Anda cantumkan dalam formulir pengajuan pengaktifan fitur ini lengkap, karena kalau tidak, kemungkinan besar non integrated channel Shopee ditolak.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda