Apa itu Kurikulum Prototipe dan Keunggulannya - JALUR INFORMASI

23.12.21

Apa itu Kurikulum Prototipe dan Keunggulannya



apa itu kurikulum prototipe

Mengenal Lebih Dekat apa itu Kurikulum Prototipe yang akan diterapkan 


Halo sobat info, Sudah dengar kabar kalau akan diterapkannya Kurikulum baru ? Ya Kurikulum baru tersebut bernama Kurikulum Prototipe. Kabarnya Kurikulum Prototipe ini akan mulai diterapkan pada tahun 2022 mendatang. 

Kurikulum ini diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk dapat melakukan pemulihan pembelajaran dari tahun 2022- 2024. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada tahun 2024 berdasarkan hasil evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Kurikulum prototipe ini mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta memberikan ruang yang lebih luas untuk pengembangan karakter dan kompetensi dasar kepada siswa.

Lalu apa yang membedakan Kurikulum Prototipe ini, dengan kurikulum sebelumnya?


Karakteristik Utama Kurikulum Prototipe

Kurikulum prototipe memiliki beberapa karakteristik utama yaitu pembentukan karakter yang mendukung pemulihan pembelajaran, yaitu :

1. Pembelajaran Berbasis Project

Menerapkan pembelajaran berbasis project yaitu pembelajaran yang menggunakan project atau kegiatan sebagai media pembelajaran. 

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan soft skilla dan karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia, gotong royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis, kreativitas).

2. Fokus pada Materi Esensial

Sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Tidak terlalu padat materi, hal ini dinilai penting agar guru memiliki waktu untuk pengembangan karakter dan kompetensi.


BACA JUGA : Kurikulum Prototipe dan penerapannya di berbagai Jenjang Pendidikan 

3. Fleksibilitas

Makna fleksibilitas ini bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid "teach at the right level" bukan berbasis konten tetapi berbasis kompetensi, dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Pengembangan karakter menjadi fokus utama dalam kurikulum ini, seperti sudah kita pahami bersama dalam kurikulum 2013 juga sudah mengutamakan pendidikan karakter, mari kita bahas mengenai pengembangan karakter dalam kurikulum 2013 hingga menjadi kurikulum prototipe.

Dalam kurikulum 2013 sejatinya sudah menekankan pada pendidikan karakter, namun pengembangan karakter belum memberi porsi khusus dalam struktur kurikulumnya.

Dalam struktur kurikulum prototipe, 20 – 30 persen jam pelajaran digunakan untuk pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis projek.

Pembelajaran berbasis projek penting untuk pengembangan karakter karena:

a) memberi kesempatan untuk belajar melalui pengalaman (experiential learning)

b) Mengintegrasikan kompetensi esensial yang dipelajari peserta didik dari berbagai disiplin ilmu

c) struktur belajar yang fleksibel

Dalam penerapan pembelajaran bebasis project dalam kurikulum prototipe ini, kemendikbud menyediakan 7 tema utama yang perlu dikembangkan menjadi modul dengan topik dan tujuan yang lebih spesifik. 

Dan dapat diterapkan dikelas secara holistik dengan tujuan untuk mencapai pemulihan pembelajaran yang lebih utuh.

Berikut 7 tema yang di utamakan yaitu :

1. Bangunlah Jiwa dan Raganya

2. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

3. Bhinneka Tunggal Ika

4. Gaya Hidup Berkelanjutan

5. Kearifan Lokal

6. Kewirausahaan

7. Suara Demokrasi

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo (Nino) menyebut, Kalau Kurikulum prototipe ini sedang diterapkan secara terbatas 
pada 2.500 sekolah di seluruh Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak. 

Beliau mengatakan, sekolah-sekolah peserta program ini mencerminkan keragaman yang ada di sistem pendidikan. Lalu apakah kalian setuju dengan Kurikulum Baru ini Sob ?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda