Cara belajar efektif menurut para ahli - JALUR INFORMASI

2.11.21

Cara belajar efektif menurut para ahli

 

bagaimana cara belajar yang baik

Bagaimana cara belajar yang tepat menurut para ahli ?


Halo sobat info, apakah kalian sedang malas sekali untuk menemukan waktu yang tepat untuk belajar ? Hmm pasti Setiap orang memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda ya.

Jadi setiap orang tentu memiliki kemampuan belajar secara alami. bahkan sejak dilahirkan, banyak hal yang harus dipelajari mulai dari berjalan, berbicara, hingga aktivitas lainnya.

Seiring bertambahnya usia, kegiatan belajar semakin banyak dan dengan ditambahnya pendidikan formal pada sekolah hingga ke jengjang yang lebih tinggi. 

Adapun cara belajar memiliki keterkaitan dengan capaian prestasi seseorang. Nah, berikut adalah ada 10 cara belajar efektif dari para pakar psikologi yang mampu Anda terapkan.

1. Ubah Cara Pandang Belajar menjadi Kebutuhan

Kebutuhan merupakan suatu hal yg harus dipenuhi supaya bisa bertahan hayati. saat belajar menjadi kebutuhan, maka Anda akan semakin bersunguh-sungguh pada melakukannya. Belajar tidak lagi dilakukan dalam kondisi tertekan, tetapi mampu dilakukan menggunakan suka  cita. Hasilnya, setiap materi yang dipelajari dapat lebih simpel diingat.

2. Belajar pada tempat yang Disukai

tidak dapat dimungkiri bahwa tempat yg nyaman akan memengaruhi mood seorang saat belajar. sebab itu, aturlah ruangan belajar Anda pada rumah menjadi senyaman mungkin.

Ubalah posisi dan  penampilan ruangan setiap beberapa saat buat memberikan suasana baru yang lebih segar serta menyampaikan semangat. Anda pula bisa mencari atmosfer berbeda dengan belajar pada kafe, perpustakaan, atau taman. namun, pastikan keadannya hening agar bisa belajar menggunakan nyaman.

3. Menyusun target Belajar

mempunyai sasaran saat untuk menguasai materi pelajaran eksklusif akan membentuk Anda tertantang. sebab itu, susunlah jadwal serta bagi waktu belajar dengan baik. Jika berhasil mencapai sasaran, berilah diri Anda pemberian  kecil misal membeli kudapan favorit. menggunakan mendapatkan hadiah, akan ada rasa puas di dalam diri sehingga kian terpacu menaklukan target belajar berikutnya.

4. Berperan menjadi pengajar

setelah belajar, berperanlah menjadi seorang guru. Jelaskan kembali materi yang sudah Anda pelajari dengan gaya bahasa sendiri kepada diri sendiri. Anda pula mampu meminta bantuan sahabat atau keluarga buat mendengarkan materi yg Anda jelaskan.

Para pakar psikologi meyakini bahwa mengulang pulang ialah cara belajar efektif buat mengingat semua materi yg sudah dipelajari. saat Anda menjelaskan balik , kemungkinan terdapat beberapa hal yg terlewat. namun justru inilah yg mampu menjadi patokan buat Anda mengulang kembali bagian tadi.

5. Buat Latihan Ujian

Sebelum menghadapi ujian sebenarnya, Anda mampu berlatih buat menjawab soal-soal ujian secara mandiri. Hal ini juga dapat mempersiapkan mental Anda sebelum nantinya berhadapan dengan soal-soal ujian yg diberikan.

Cara ini adalah galat satu variasi buat mencegah kejenuhan karena wajib  terus menerus membaca materi pelajaran. sehabis merampungkan ujian berdikari tersebut, ingat periksa jawabannya. menggunakan demikian, Anda akan memahami mana hal yang harus diperbaiki.

6. Berikan jeda atau waktu

waktu hendak menghadapi ujian, tentunya akan banyak materi yang wajib  dipelajari. tetapi jangan terlalu memaksakan diri sebab hal tersebut justru kurang efektif. usahakan berikan jarak pada antara setiap sesi materi. Ini dimaksudkan buat mengistirahatkan otak sebagai akibatnya mampu kembali segar dan  siap bekerja lagi.

7. Bersikiap Kritis

sehabis paham apa yang dipelajari, latihlah otak Anda agar lebih kritis terhadap seluruh materi tersebut. Aktif mencari tahu serta menganalisis kebenaran asal materi yg sudah dipelajari dinilai mampu membuat seseorang lebih simpel mengingatnya ketika ujian tiba. tidak hanya itu, dengan adanya informasi lebih lanjut, Anda juga bisa memiliki prespektif yg lebih luas.

8. Hindari Musik atau suara bising

Musik sudah lama terbukti bisa membantu menaikkan konsentrasi seorang. namun waktu sedang belajar, hindarilah mendengarkan musik dengan lirik sebab mampu menghasilkan pikiran Anda terganggu. usahakan, dengarkan musik klasik supaya pikiran bisa menjadi lebih segar.

9. Baca ringkasan Materi Sebelum Tidur

Penelitan mengambarkan bahwa tidur ialah salah  satu cara jitu buat membantu proses mengingat. karena itu, membaca balik  kompendium materi sebelum terlelap sangat dianjurkan. kemudian, jangan lupa buat tidur pada kurun ketika 7 sampai 9 jam per hari agar pikiran terasa segar waktu bangun.

10. Berdiskusi dengan teman

Belajar kerap kali dilakukan seorang diri. tetapi, beberapa orang lebih menyukai gaya belajar secara berkelompok. Bila Anda merupakan tipe ke 2 maka carilah teman yg mampu diajak diskusi. dari proses diskusi, Anda akan menerima lebih banyak hal yg mungkin tidak akan didapatkan waktu belajar secara berdikari.

Demikianlah 10 cara belajar efektif yg bisa Anda tiru buat mencetak prestasi gemilang pada bangku sekolah.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda