Sejarah dan kronologi lahirnya Pancasila - JALUR INFORMASI

26.8.21

Sejarah dan kronologi lahirnya Pancasila


Halo sobat Info, apa kabarnya nih ? semoga selalu sehat ya, kali ini kita akan membahas lambang dari negara kita yaitu pancasila. pasti kalian sudah gak asing lagi kan, tapi apa kalian tau bagainana sih sejarahnya ?

Maka dari itu dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dari lahirnya Pancasila sebagai dasar dari Negara Indonesia yang berlaku hingga saat ini. ok tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita ke pembahasannya. Pertama-tama tentunya kita harus tau terlebih dahulu, apa itu Pancasila dan pengertian dari pancasila ?

Jadi secara umum Pancasila ini merupakan dasar negara dan juga sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia, yang berdasarkan dari cita-cita yang luhur serta bentuk persatuan dan tujuan dari bangsa Indonesia. 

Sedangkan untuk Istilah dari Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, di mana Panca berarti lima dan Sila berarti dasar atau asas. Sehingga ke lima sila tersebut menjadi pedoman penting bagi rakyat Indonesia, dan diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berikut ini adalah sejarah dari lahirnya Pancasila yang perlu kita ketahui.

Sejarah lahirnya Pancasila

1. Munculnya Istilah Pancasila

Pada awalnya munculnya istilah pancasila ini pertama kali diperkenalkan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni tahun 1945. yaitu dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Dan hal tersebut kemudian menjadi konsep awal dari Pancasila yang saat ini menjadi Dasar Negara Indonesia. Akan Tetapi hal tersebut masih belum final dan masih dalam proses selanjutnya yakni melalui Piagam Jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945. 

Dan juga penetapan Undang-undang Dasar yang juga finalisasi Pancasila pada 18 Agustus 1945. Berikut ini adalah kutipan pemberian nama Pancasila yang disampaikan oleh Ir.Soekarno tersebut.

“Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita yang ahli bahasa dan namanya ialah Pancasila,” tutur Sukarno dalam sidang BPUPKI seperti dikutip dalam buku Tjamkan Pancasila: Pancasila Dasar Falsafah Negara.

Dan pada awalnya konsep dasar Pancasila ini berbeda dari apa yang kita kenal saat ini, karena Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”. 

sejarah pancasila

Berdasarkan hal tersebut BPUPKI kemudian menyepakati bahwa pidato Soekarno-lah yang menjawab pertanyaan sidang, tentang bagaimana bentuk dasar negara Indonesia yang dapat dijadikan pedoman oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sehingga berdasarkan hal tersebut kemudian, dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (PPKI). PPKI terdiri dari 9 orang dan dalam perjalanannya sempat merumuskan Piagam Jakarta.
Tetapi kemudian isi dari Piagam Jakarta ditolak oleh perwakilan warga dari Indonesia timur.

Sehingga setelah diperbarui maka pada 18 Agustus 1945 ditetapkanlah Pancasila yang kita kenal sekarang ini, seperti tertuang dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berbunyi: 
Satu: Ketuhanan Yang Maha Esa
Dua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Tiga: Persatuan Indonesia
Empat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan
Lima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

2. Kronologi dan Latar Belakang Lahirnya Pancasila

Faktor utama dari lahirnya pancasila ini ternyata berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, sehingga mereka kemudian berusaha untuk mendapatkan hati dari masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Dan Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sidang ini berjalan sekitar hampir 5 hari, dan kemudian pada tanggal 1 Juni tahun 1945, Ir.Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai kemudian membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Panitian 9 tersebut Beranggotakan yaitu:

Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada siding tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah. 
 
Nah itulah tadi sejarah dari hari lahir Pancasila yang perlu kita ketahui, semoga informasi ini
bisa bermanfaat, terima kasih salam Jas merah.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda