Jadwal SKD CPNS dan Persyarat Terbaru - JALUR INFORMASI

26.8.21

Jadwal SKD CPNS dan Persyarat Terbaru

Jadwal seleksi CPNS terbaru


Jalurinfo.id -Halo sobat Info dimana pun kalian berada, gimana nih apakah kalian sudah siap untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2021 ini ? Menurut kabar terbaru dari BKN bahwa seleksi CPNS 2021 terutama untuk seleksi SKD akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

Badan Kepegawaian Negara atau BKN telah menjelaskan secara rinci mengenai beberapa informasi mulai dari pelaksanaan, lokasi hingga waktu seleksi Dari kompetensi dasar atau SKD dari CPNS Tahun 2021 dan juga seleksi kompentensi PPPK Non-Guru 2021. 

Bahwa seleksi tersebut akan dimulai sejak tanggal 2 September 2021 terutama bagi instansi pusat dan juga instansi daerah dengan lokasi tes terkait dari BKN Pusat, kantor regional dan juga UPT BKN. 

Hal ini dikarenakan beberapa titik lokasi yang dimiliki oleh BKN sudah siap baik secara infrastruktur maupun jaringan teknologi dan juga komunikasi. Sehingga dalam pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2021 ini dilakukan secara online dan juga membutuhkan ketersediaan jaringan teknologi yang memadai. 

Sedangkan untuk lokasi tes Mandiri akan dimulai pada 14 September 2021 namun jadwal tersebut tentu bisa berubah dan berlangsung lebih cepat ataupun lebih lambat dari jadwal yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan kesiapan dari instansi masing-masing. jadi buat kalian harap selalu memantau media sosial dari Instansi terkait. 

Terkait pelaksanaan bahkan terdapat beberapa wilayah yang dipastikan hanya akan melaksanakan tes 3 hingga 4 sesi per hari. hal ini dikarenakan kesiapan dari Sarana dan prasarana serta melihat situasi dari kondisi Covid-19 di daerah tersebut. 

Sehingga jika wilayah tersebut terkena zona merah maka perlu dilakukan pengkajian secara utuh dalam pelaksanaan seleksi CPNS tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi peserta untuk selalu memantau informasi dari pelaksanaan SKD dari instansi masing-masing melalui media sosial setiap instansi terkait. 

Berikut ini beberapa syarat yang berdasarkan dari rekomendasi Ketua Satgas Covid-19, untuk pelaksanaan tes SKD CPNS 2021yang  wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, yaitu sebagai berikut :


1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021;

2. Menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker)

3. Jaga jarak (physical distancing) minimal 1 (satu) meter.

4. Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

5. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 (tiga puluh) persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 yang akan dilakukan;

6. Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama.

Selain itu, peserta juga wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di website sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian.

Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda