Tanpa Potongan, THR PNS akan Cair pada bulan Mei - JALUR INFORMASI

15.3.21

Tanpa Potongan, THR PNS akan Cair pada bulan Mei

Kabar Baik !! THR akan Cair pada bulan Mei mendatang, catat tanggal pastinya.

THR PNS Tahun 2021

JALURINFO.ID-Dilansir dari CNN Indonesia, Tunjangan hari raya atau THR mulai dari PNS, TNI dan juga Polri akan dibayarkan secara penuh pada tahun ini hal ini bahkan telah disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Indonesia yaitu Sri Mulyani Indrawati bahwa pada tahun ini tHR akan diberikan secara penuh. 

Meskipun pada tahun lalu THR yang diterima oleh PNS Ini dipangkas guna menanggulangi penanganan dampak covid 19. 

Sehingga pada tahun ini merupakan kabar baik karena hal tersebut tidak akan terjadi dan pemerintah akan mengembalikan lagi pemberian gaji ke-13 juga THR sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Pada tahun ini pemberian gaji ke 13 dan juga THR akan sesuai dengan tunjangan kinerja. Hal ini tentu menilik pada pola tahun sebelumnya, Kementrian keuangan akan mencairkan THR bagi PNS TNI dan juga Polri paling lambat 10 hari sebelum hari raya idulfitri. Sehingga jika pada lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 12 hingga 13 Mei 2021, maka tunjangan hari raya ini akan diprediksi cair pada awal bulan Mei mendatang. 

BACA JUGA: Gaji yang akan diterima CPNS 2021

Hal ini berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2019 yang menyatakan bawa THR yang terdiri dari gaji pokok 1 bulan, jangan keluarga, tambahan dan juga tunjangan dari kinerja. Dan tentunya tunjangan yang diterima oleh PNS ini tentunya akan bervariasi hal ini sesuai dengan instansi atau lembaga yang menaunginya, 

selain itu jabatan dan juga kinerja dari PNS tersebut merupakan faktor penentu dari besaran gaji atau THR yang akan diterima. 

Hari ini berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 20 tahun 2011, menyatakan pedoman dari perhitungan tunjangan kinerja pegawai negeri sipil akan didasari oleh hasil evaluasi jabatan serta pencapaian prestasi kerja dari PNS tersebut. 

Hal ini akan menentukan besaran dari tunjangan kinerja PNS yang lebih adil,, anda juga konsisten sesuai dengan format jabatan dan perhitungan dari tunjangan kinerja. 

Contohnya seperti untuk jabatan struktural maka akan digunakan faktor dan juga kriteria seperti ruang lingkup dari program dan juga dampak pengaturan organisasi wewenang penyelidikan, manajerial serta hubungan personal. 

Kemudian yang kedua untuk jabatan fungsional maka akan dipertimbangkan mulai dari pengetahuan yang dibutuhkan oleh jabatan, pengendalian dan juga pengawasan serta pedoman kerja dan kompleksitas tugas. 

Sedangkan untuk yang ke-3 akan ditentukan oleh tingkat jabatan, hal ini Tentunya setelah menyesuaikan dengan tingkatan jabatannya setidaknya saat ini terdapat 17 tingkat jabatan di ASN dengan nilai yang berbeda-beda kelasnya. 

Dengan nilai jabatan terendah mencapai 190 sedangkan yang tertinggi yaitu 4730. Dan untuk besaran indeks rupiah sebesar Rp5.000, dan dari sinilah akan dihitung tunkin dan juga tinggal merujuk saja pada nilai jabatan yang dikalikan dengan indeks rupiah tersebut. 

Contohnya saja seperti PNS di tingkat 17 dengan besaran gaji sebesar 4730 maka tinggal dikalikan saja dengan Rp5.000 dan dapatlah angka Tukin sebesar 23, 65 juta rupiah. 

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai besaran gaji THR yang akan diterima oleh ASN mendatang. Semoga saja kabar ini memang benar seperti yang telah dikatakan oleh Menteri Keungan sebelumnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda