Syarat utama bagi CPNS Tahun 2021 - JALUR INFORMASI

2.3.21

Syarat utama bagi CPNS Tahun 2021

JALURINFO.ID-Sudah semakin dekat memasuki waktu pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS untuk tahun 2021. Pembukaan lowongan CPNS ini tepatnya pada bulan april mendatang sedangkan untuk penetapan dari formasi kita kebutuhan dari CPNS ini akan dibuka pada bulan Maret tahun 2021. 

Menurut Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan dibuka seleksi CPNS setelah dilakukan proses pembagian kebutuhan ASN berdasarkan instansi masing-masing. 

Selain itu beliau juga mengatakan bahwa setiap instansi tentu memiliki aturan yang beragam sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Menurut Informasi, yang akan mendapatkan cukup banyak lowongan pada CPNS tahun 2021 ini adalah guru honorer dengan kuota sebesar 1 juta lowongan dengan sistem PPPK dan 300.000 lainnya didominasi oleh CPNS dan pppk dari selain guru bagi pemerintah daerah. 

syarat cpns 2021

Sehingga ada total 1,3 juta lowongan CPNS pada tahun 2021 ini. Kebutuhan di pemda ialah sebesar 115.000 dengan jabatan yaitu teknisi seperti tenaga kesehatan Kemudian untuk PPK sendiri ada namanya jabatan fungsional tentunya diluar guru yaitu sebanyak 70.000 lowongan. 

Sedangkan sisanya yaitu sekitar 83.000 CPNS dan juga pppk instansi pemerintah pusat dengan persentase 50% PPPK 50% lainnya adalah CPNS berbagai macam jabatan sesuai dengan kebutuhan dari setiap instansio terkait. 

BACA JUGA: Nasi Minyak Palembang Sejarah dan Cara Membuatnya

Dalam mendaftar CPNS ini tentu membutuhkan syarat sebutkan dokumen yang harus dibawa dan dipenuhi. Hal ini mengacu pada CPNS tahun 2019 yang lalu salah satunya seperti dokumen yang perlu disiapkan yaitu akta kelahiran, ijazah hingga transkip nilai, termasuk pas foto dengan ukuran 4x6. 

Kemudian dibutuhkan jika scan KTP, scan ijazah serta transkrip nilai yang sesuai dengan formasi yang ingin dituju. Dan diusahakan hasil dari scanner dokumen tersebut dapat terbaca dan Cukup jelas agar menghindari hal-hal dinginkan dalam proses verifikasi pendaftaran CPNS tahun 2021 ini. 

Berikut ini adalah beberapa syarat yang wajib dipenuhi bagi pelamar PNS tahun 2021: 

  1. Harus berusia minimal 18 tahun keatas dan maksimal 35 tahun bagi para pelamar namun ada jabatan tertentu yang usianya paling tinggi batasnya 40 tahun. 
  2. Tidak pernah diberhentikan Dengan hormat atas permintaan sendiri ataupun tidak hormat secara PNS,TNI anggota kepolisian ataupun pegawai swasta lainnya. 
  3. Tidak pernah menjadi anggota atau pengurus dari partai politik. 
  4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan seperti menyangkut kekuasaan hukum pidana penjara 2 tahun bahkan lebih. 
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan yang dilamar. 
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. 
  7. Sehat rohani dan jasmani serta memenuhi kebutuhan jabatan yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana sesuai dengan instansi terkait. 

Demikian informasi mengenai beberapa syarat wajib bagi pendaftaran CPNS untuk tahun 2021 ini. Persiapkanlah syarat dan hal lainnya sedini Mungkin agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. share artikel ini agar bermanfaat juga bagi orang lain.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda