Passing Grade untuk CPNS Tahun 2021 - JALUR INFORMASI

10.3.21

Passing Grade untuk CPNS Tahun 2021

 Jalurinfo.id-Sebentar lagi pendaftaran CPNS tahun 2021 ini akan segera dilaksanakan. Dan akan dimulai pada bulan Maret dengan total formasi pelamar sebanyak 1,27 Juta orang. Sedangkan untuk perekrutan CPNS dan juga pegawai pemerintah dengan perjanjian tenaga kerja atau PPPK yang akan mulai dilaksanakan pada Mei 2021 mendatang. 

Selain untuk memenuhi ketentuan lowongan yang ditentukan oleh passing grade cpns 2021 ini hanya bisa diisi oleh mereka yang lolos seleksi tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Biro Humas hukum dan kerjasama BKN yaitu paryono, beliau mengatakan

"jika passing grade untuk CPNS tahun 2021 ini telah ditetapkan melalui peraturan menteri PANRB " nantinya akan diatur dengan peraturan Menpan yang baru lagi, meskipun nantinya bagi kemarin yang lolos passing grade Apakah dapat digunakan kembali tentu saja akan diatur buka Suparyono yang dikutip dari liputan6.com". 

berapa passing grade cpns tahun 2021

Sehingga berita para pelamar CPNS tahun 2021 untuk menunggu pengumuman resmi mengenai passing grade untuk CPNS tahun 2021   serta akan adanya info terbaru mengenai syarat-syarat yang akan diumumkan ketika proses pendaftaran dibuka. 

Mengacu pada CPNS tahun 2019 yang telah diatur dalam Permenpan nomor 24 tahun 2019 yaitu nilai ambang batas setiap seleksi kompetensi dasar adalah nilai minimal yang wajib dipenuhi oleh setiap peserta seleksi calon pegawai negeri sipil dan mengikuti aturan yang dikeluarkan tersebut melalui Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi. 

Maka pada ketentuan seleksi CPNS tahun 2019 ini peserta akan mengikuti 3 tes kompetisi dasar TKD. Sedangkan untuk skd terdapat nilai minimum harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi CPNS tahun 2021 ini, Berikut ini adalah tahapan SKD pada CPNS tahun 2019 yang lalu: 

Mengikuti tes karakteristik pribadi atau TKP dengan nilai 126 

Mengikuti tes intelegensi umum atau TIU dengan nilai 80 

Tes wawasan kebangsaan atau TWK dengan nilai 65 

Selain itu ada juga ketentuan passing grade untuk lulusan yang berpredikat kumlaud, stabilitas dan juga putra putri Papua, berikut ini adalah ketentuan saat perekrutan CPNS tahun 2019 tersebut: 

Lulus dengan pujian atau (Cumlaud)

Memiliki nilai kumulatif TKD dengan nilai minimum 271 dan tiu paling rendah 85 aturan passing grade ini diberlakukan juga untuk peserta CPNS lulusan luar negeri atau Dispora. 

Penyandang disabilitas 

Untuk penyandang disabilitas peserta pada kelompok ini harus memiliki passing grade TKD minimal adalah 260 dengan tiu paling rendah adalah 60. 

Untuk putra-putri yang berasal dari Papua

Ada peserta dengan putra-putri Papua ini wajib memiliki passing grade dengan TKD minimal adalah 260 dan TIU paling rendah adalah 60. 

Sedangkan aturan khusus pada passing grade CPNS juga berbeda untuk tenaga kesehatan dan profesi kapal atau pelayaran yaitu sebagai berikut: 

Memiliki nilai passing grade CPNS TKD 271 dengan TIU 80.

Aturan ini diperkirakan juga akan berlaku pada CPNS tahun 2021 ini atasan ini akan diberlakukan khususnya bagi peserta yang ingin mengisi lowongan dokter spesialis, dokter gigi dan spesialis, pendidik klinis, dokter, instruktur penerbangan. 

Passing grade CPNS TKD 260 dan TIU 70.

Pada ketentuan yang bisa dilakukan kembali pada CPNS tahun 2021 ini kemungkinan juga akan berlaku untuk jabatan tes rescuer, bosun, jenang kapal, juru mudi kapal, kerani, ,nahkoda, mualim kapal, kepalakamar mesin kapal, Mualim kapal, mandor mesin, juru masak kapal, hingga pengamat gunung api. 

Nah itulah tadi perkiraan mengenai passing grade yang akan tetap berlaku pada tahun 2021 ini Hal ini tentu mengacu pada pendaftaran CPNS tahun 2019 yang lalu semoga saja kita akan mempersiapkan hal-hal yang menjadi persyaratan utama pada seleksi CPNS tahun 2021 ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda