Mengenal Aurora Fenomena Alam yang langka di dunia - JALUR INFORMASI

2.3.21

Mengenal Aurora Fenomena Alam yang langka di dunia

Melihat Indahnya Aurora di Sudut Bumi yang Sulit ditemukan di Tempat lain, Apakah Indonesia termasuk?


Aurora merupakan sebuah fenomena alam yang sangat langka dan sangat sulit kita temui di Indonesia. Sebagai fenomena yang memancarkan an-najah ayo yang tampak menari-nari di langit malam tentu sangatlah menyenangkan bisa melihat Aurora secara langsung. 

Namun tentu tidak semua orang mampu untuk melihatnya secara langsung sehingga kita hanya bisa melihat keindahannya melalui gambar ataupun video. Lalu sebenarnya apa sih itu Aurora dan bagaimana sih Aurora itu bisa terjadi yuk simak terus penjelasan dari artikel ini. 

Apa itu aurora

Aurora merupakan fenomena alam berupa padharan cahaya yang biasanya terlihat di wilayah kutub. Dan terdapat beberapa nama sesuai dengan wilayah di mana Aurora itu muncul salah satunya seperti Aurora borealis yang ada disebelah kutub bagian utara kemudian ada juga yang namanya Aurora australis yang di berada di lingkaran Kutub Selatan. 

Terbentuknya Aurora ini tentu disebabkan oleh beberapa apa seperti ti yang kemudian terkena pantulan sinar matahari dengan ketinggian 90 hingga 130 km dimana disana terdapat konsentrasi Oksigen yang sangat tinggi sehingga Aurora pun akan terbentuk dengan warna gradasi biasanya berwarna hijau. 

Meskipun ada beberapa warna lain yang cukup sering muncul seperti warna biru hingga keungu-unguan namun hal ini sangat jarang ditemui karena hal tersebut membutuhkan aktivitas matahari yang cukup tinggi. 

Lalu apakah fenomena seperti Aurora ini dapat kita saksikan langsung di Indonesia? 

Jadi untuk di Indonesia fenomena Aurora ini sangat sulit untuk bisa kita saksikan secara langsung bahkan Menurut Immanuel sungging mumpuni yaitu seorang koordinator dalam bidang diseminasi pusat sains antariksa dari Lapan. 

Beliau mengatakan untuk menyaksikan secara langsung Arora di Indonesia sangatlah sulit bahkan tidak akan pernah bisa terjadi hal ini disebabkan karena bentuk dan juga koordinat dari wilayah Indonesia termasuk daerah lintang yang rendah sehingga sangat sulit untuk bisa menyaksikan Aurora langsung di Indonesia. 

Jika bisa terjadi tentu harus membutuhkan fenomena yang sangat ekstrem seperti matahari yang bisa melontarkan partikel bermuatan yang sangat kuat dan menimbulkan berbagai macam gangguan di bumi. 

Hingga menjangkau ke ke daerah yang lintangnya rendah, hal ini juga pernah terjadi di wilayah hawaii bagian selatan Jepang sekitar tahun 1859 fenomena tersebut diberi nama the carrington event". 

Nah itulah tadi sekilas mengenai fakta dari fenomena Aurora meskipun kita tidak bisa melihatnya secara langsung di Indonesia namun dengan mengetahui fakta-fakta itu membuat kita mengetahui bahwa fenomena ini merupakan sebuah keajaiban yang sangat langka dan sulit untuk kita saksikan langsung di Indonesia sia.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda