Mengapa Islam adalah agama yang sempurna - JALUR INFORMASI

7.3.21

Mengapa Islam adalah agama yang sempurna

"Subhanallah" Inilah mengapa Agama Islam adalah agama yang sempurna dan satu-satunya agama yang di Ridhoi oleh ALLAH SWT?


Sudah kita ketahui agama merupakan salah satu pedoman bagi kehidupan manusia di dunia dan judulnya ini memiliki banyak sekali agama yang dipercayai. Dan dari banyaknya agama tersebut para ahli membagi agama menjadi dua kelompok.

kelompok pertama adalah agama samawi yaitu Yahudi, dan juga Islam. Sedangkan kelompok kedua dinamakan Ardhi di yang terdiri dari hindu, bunda, zoroaster, konghucu, sinto, dan berbagai jenis agama yang diciptakan oleh manusia. 

Agama samawi sebenarnya merupakan agama yang satu yang mentauhidkan Allah dan diturunkan dari para nabi yaitu Nabi Ibrahim AS, nabi Ibrahim ini kemudian mempunyai dua orang anak dari dua orang istri yaitu Ismail dan juga Ishak, ismail ini punya anak bernama Yakub dan kemudian Yakub memiliki banyak anak dan cucu. 

Sebagian besar menjadi nabi dan juga Rasul Allah SWT. Yakub kemudian mempunyai dua nama yaitu Yakub dan juga Israel sehingga keturunannya dinamakan sebagai Bani Israil bani Israil ini kemudian terbelah lagi menjadi dua yaitu satu bangsa Yahudi yang merupakan keturunan dari Yakub bernama yahuda dan yang satu lagi bernama Nasrani dari penghuni wilayah Nassar nazaret. 

Sehingga Yahudi dan Nasrani ini bukanlah nama agama melainkan nama kaum dari keturunan Yakub bin Ishaq bin Ibrahim yang disebut sebagai kaum Bani Israil. Dan sebenarnya pada awalnya mereka ini menyembah Allah dan mengikuti nabi-nabi Allah tetapi ketika Allah menurunkan Islam dengan seorang rasul bernama Muhammad SAW.

Dan juga kitab suci Alquran yang kemudian menafikan semua jenis agama lain kaum Bani Israil ini tidak mau memeluk agama Islam dan ia juga tidak ingin untuk menyembah dan mengikuti Rasulullah SAW sehingga mereka ini menjadi kafir karena tidak menerima agama Islam yang sebenarnya.

islam adalah agama yang diridhai oleh ALLAH SWT karena satu satunya

Lalu Mengapa dari banyaknya agama tersebut, hanya Islam yang yang dinilai sebagai agama paling sempurna dan diridhoi oleh Allah SWT? 

Agama Islam merupakan agama yang rahmatan lilalamin yaitu rahmat bagi seluruh alam. Agama Islam ini datang dengan segala kebaikan dan penuh keberkahan yang meliputi segala sesuatu didalamnya. 

Islam juga terdapat berbagai syariat kebaikan, yang didalamnya dapat memperbaiki keadaan masyarakat, menjamin keamanan Kehidupan, Kehormatan dan segala sisi kehidupan yang fana ini. Hal ini bahkan telah dijelaskan sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Ali Imran ayat 19: 

"إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ "

Yang artinya sesungguhnya agama disisi "Allah ialah agama Islam" salah satu ayat tersebut menegaskan bahwa satu-satunya yang benar dan diridhoi oleh Allah SWT adalah agama Islam Islam merupakan agama yang mendapatkan jaminan pertolongan dan juga kemenangan dari Allah ta'ala terutama bagi siapa saja yang berpegangan Teguh dengan agama Islam ini sebenar-benarnya. 

Bahkan kebenaran Islam ini juga ditegaskan dalam beberapa firmannya salah satunya yaitu sebagai berikut:

Allah Azza wa Jalla berfirman" 

"أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ "

Barangsiapa mempercayai agama, selain agama Islam, maka celakalah ia, dan tidak akan diterima di akhirat  karena termasuk orang-orang yang merugi.  QS al-imran ayat 85. 

Agama Islam ini mencakup aqidah atau keyakinan dan juga syariat hukum Islam, Yang merupakan ajaran yang sempurna, hal ini karena meski ditinjau dari sisi aqidah maupun syariatnya islam tersebut, menempatkan akal manusia pada tempat yang sebaik-baiknya.

Dan kebenaran agama Islam ini juga bukan semata-mata ditinjau dari sudut pandang orang muslim saja, karena suatu kebenaran itu dapat ditinjau dari aspek nyata, yang nampak dari kebenaran dan dapat dimengerti oleh akal manusia. 

Sehingga Agama islam ini tidak hanya serbagai pedoman manusia hidup di dunia melainkan sebagai penentram batin, pengenadalian moral, sebagai penolong dalam kesukaran dan juga sebagai pentunjuk bagi kehidupan manusia di dunia.

Namun dari beberapa aspek penting tersebut tentunya Kebenaran mengenai agama Islam ini hanya bisa dirasakan kepada mereka yang mau berserah, serta kepada mereka yang mendapatkan Taufik dan juga Hidayah, dalam artian meskipun Islam itu rahmat bagi seluruh alamin akan tetapi masaih ada saja yang tidak mau mengakuinya.

Sehinggga  bagi mereka yang mengimani dan menerima bahwa Islam adalah agama yang benar dan diturunkan oleh Allah ke muka bumi maka beruntunglah, terutama bagi kita yang terlahir dan juga mati dalam keadaan Islam, Subhannallah. 

Dan celakalah mereka yang telah mengetahui kebenaran, namun tetap menolaknya, karena sebaik-baiknya adalah orang yang mampu berpikir dan mengakui bahwa Islam adalah agama yang sebenar-benarnya, terlepas dari isu-isu yang menggap bahwa agama Islam ini. 

Merupakan agama yang identik dengan kekerasan ataupun terorisme hal itu tentu bukanlah agama Islam yang sebenarnya, bahkan agama Islam sendiri menolak hal tersebut. Oleh karena itu kita sebagai umat muslim tentunya harus semakin memperkuat akidah dan juga mempertebal keimanan kita sebagai umat muslim, sehingga kita bisa mendapatkan ketenangan dan juga menerima syafaatnya di hari kiamat nanti. Amin.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda