Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi - JALUR INFORMASI

5.3.21

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi

Coba deh biasakan untuk minum air hangat di pagi hari manfaatnya akan terasa bagi tubuh


Air merupakan salah satu cairan yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa meminum air terutama air hangat mampu meningkatkan pencernaan, hidung yang tersumbat serta dapat merelaksasi tumbuh. 

Dibandingkan dengan meminum air dingin di pagi hari ternyata air hangat jauh lebih baik bagi kesehatan, peneliti merekomendasikan suhu yang cocok adalah antara 54 hingga 71 derajat Celcius. 

Manfaat Air hangat


Bahkan air hangat ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam salah satunya adalah dengan menambahkan sedikit vitamin C seperti dari Sari lemon dan juga madu maka akan semakin terasa manfaatnya. 

Berikut ini adalah 10 manfaat dari meminum air hangat di pagi hari saat perut kosong. 

Melancarkan pencernaan 

Meminum air hangat di pagi hari selain untuk membantu menjaga sistem kekebalan ternyata meminum air hangat juga mampu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan air tersebut mampu bekerja lebih baik ketimbang air dingin. 

Hal ini berdasarkan studi yang telah dilakukan pada tahun 2016 yang menyatakan bahwa air hangat memiliki efek pada usus untuk mengeluarkan gas beracun lebih baik daripada air biasa. 

Meredakan hidung tersumbat 

Air hangat dapat membantu melonggarkan rongga hidung yang tersumbat bahkan mampu meredakan sakit kepala. Hal ini dikarenakan selain menghasilkan uap meminum air hangat di pagi hari juga tentu dapat menghangatkan tubuh. 

Berdasarkan studi pada tahun 2008 menyatakan bahwa minum air hangat baik berupa teh, mampu meringankan gejala ingusan,, sakit tenggorokan dan juga kelelahan. 

Meningkatkan fungsi saraf 

Dengan meminum air hangat secara rutin setiap pagi ternyata dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat serta suasana hati. Hal ini dikarenakan air hangat dapat merelaksasikan tubuh sehingga mengurangi dampak kecemasan. 

Mampu meredakan sembelit 

Penyebab umum dari sembelit salah satunya adalah kekurangan air di dalam tubuh. Sehingga cara paling mudah dan efektif adalah Dengan meminum air hangat hal ini dikarenakan akan memudahkan feses dikeluarkan. 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi 

Jika tubuh kekurangan cairan itu akan berdampak pada keseimbangan tubuh dan berdasarkan dari Institute of medicine merekomendasikan bagi wanita untuk mengonsumsi air sebanyak 2,3 liter dan untuk pria adalah 3, liter per harinya. 

Oleh sebab itu membiasakan diri meminum air setiap pagi sangatlah baik bagi kesehatan terutama untuk mengawali aktivitas sehingga tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik. 

Meningkatkan sirkulasi tubuh 

Meminum air hangat setiap pagi ternyata dapat meningkatkan sirkulasi tubuh bahkan dalam penelitian menyatakan bahwa meminum air hangat mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mampu meredakan tingkat stress. 

Membuang racun dalam tubuh 

Salah satu manfaat penting dalam meminum air putih dipagi hari adalah mampu meminimalisir racun yang ada di dalam tubuh hal ini dikarenakan meminum air hangat mampu mendeteksifikasi. 

Hal ini juga didukung oleh penelitian terbaru pada tahun 2020 menyatakan bahwa orang yang lebih banyak minum air hangat di pagi hari dapat melindungi ginjal serta melawan peradangan dan juga menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik bahkan ditambahkan dengan mencegah penyakit asam urat. 

Meredakan gejala akalasia 

Penyakit akalasia merupakan kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan untuk memindahkan makanan ke dalam perut biasanya orang yang mengalami kesulitan menelan ini akibat dari kondisi medis tertentu. Berdasarkan studi pada tahun 2012 anne-marie air hangat di pagi hari ternyata mampu untuk sedikit meredakan Penyakit akalasia ini. 

Nah itulah tadi beberapa manfaat meminum air hangat di pagi hari semoga informasi ini bisa bermanfaat share jika kalian suka dengan artikel ini terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda