Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh - JALUR INFORMASI

6.3.21

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh

Siapa di sini yang suka dengan buah naga? Buah yang unik dan memiliki rasa yang enak ini memiliki berbagai macam varian ada buah naga yang berwarna putih dan berwarna merah keungu-unguan. Selain rasanya yang enak, buah naga ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat, berikut ini adalah manfaat buah naga yang baik bagi kesehatan tubuh.


manfaat buah naga bagi kesehatan


Kaya akan kandungan cairan 

Meskipun dapat hidup di wilayah yang kering atau tandus ternyata buah naga ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi hal ini tentu saja dapat memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi, sehingga buah naga ini sangat cocok bagi kalian yang ingin memenuhi kebutuhan cairan. 

Sebagai sumber zat besi 

Manfaat buah naga selanjutnya adalah sebagai sumber zat besi bagi tubuh. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram buah naga terdapat 1,9 mG zat besi atau setara dengan 11% dari total kebutuhan harian orang dewasa. Tentu saja ke memenuhi kebutuhan zat besi ini merupakan hal yang penting terutama dalam pembentukan hemoglobin.

Hemoglobin ini berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru guru sel tumbuh. Sehingga jika kadar hemoglobin ini tercukupi maka akan mencegah yang namanya anemia atau kekurangan darah. 

Selain itu zat besi ini juga sangat dibutuhkan bagi masa pertumbuhan Oleh karena itu memakan buah naga terutama bagi si kecil sangatlah bagus guna menunjang tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan. 

Kaya akan vitamin C 

Buah naga ini tentu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi oleh karena itu buah naga ini dapat dijadikan sumber vitamin C yang baik bahkan para peneliti membuktikan kandungan vitamin C pada buah naga ini 3 kali lebih tinggi dari pada wortel. Dan pada buah naga yang ukuran 100 gram saja terdapat 21 MG vitamin C atau sebanding dengan 34% kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. 

Vitamin C yang ini selain berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh tentunya bagus juga untuk daya tahan tubuh, kesehatan kulit, berperan untuk membantu penyerapan zat besi di dalam saluran pencernaan. 

Membatu menjaga kesehatan jantung 

Manfaat buah naga yang selanjutnya adalah membantu kesehatan jantung hal ini dikarenakan kandungan di dalam buah naga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga mampu untuk membantu meringankan kerja jantung, dan tidak hanya sampai di situ saja kandungan di dalam buah naga ini adalah sebagai sumber lemak tidak jenuh yang baik bagi tubuh. 

Tinggi akan serat 

Kandungan dalam buah naga merupakan yang tinggi akan serat sehingga sangat baik jika dikonsumsi setiap hari dikarenakan buah naga Ini mengandung serat sebanyak 7 gram perbuahnya. Sehingga serat pada buah naga ini dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. 

Menjaga kadar gula dara 

Manfaat selanjutnya bagi buah naga adalah untuk membantu kadar gula darah agar tetap stabil, hari ini berdasarkan kesimpulan dari para ahli yang menyatakan bahwa buah naga dapat meregenerasi sel pankreas yang rusak akibat penderita diabetes. Namun hal ini masih harus terus diteliti lebih lanjut apakah benar buah naga ini mampu untuk melawan diabetes. 

Mengurangi jerawat 

Nah bagi kalian yang sedang berjerawat atau tidak ingin wajahnya berjerawat maka kalian bisa mengonsumsi buah naga seperti yang sudah disebutkan di atas tadi buah naga kaya akan vitamin C sehingga mampu mencegah dan juga mengurangi proses peradangan yang dapat mengakibatkan jerawat. Kalian bisa rutin mengkonsumsinya ataupun dengan cara membuat masker dari buah naga ini caranya yaitu sebagai berikut 

Hancurkan buah naga menjadi bentuk pasta kemudian oleskan pada daerah wajah dan Diamkan selama beberapa menit hingga mengering kemudian kalian bisa bilas menggunakan air dingin dan gunakanlah beberapa kali dalam seminggu. 

Membantu mengatasi kulit yang terbakar matahari 

Selain dapat mengurangi dampak peradangan jerawat buah naga juga dapat mengatasi luka kulit akibat berjemur dikarenakan kandungan dalam buah naga ini terdapat vitamin B3 yang dapat melembabkan kulit yang terbakar kalian juga dapat menggunakannya sebagai masker dicampur dengan madu dan juga timun. 

Menjaga kesehatan pencernaan 

Buah naga memiliki kandungan prebiotik sebagai sumber makanan untuk bakteri baik di dalam usus khususnya untuk bakteri lactobacilli dan juga bifidobacteria. Kedua bakteri baik tersebut sangat bermanfaat guna menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh serta virus dan juga bakteri penyebab timbulnya penyakit sehingga jika kalian mengkonsumsi buah naga secara rutin maka akan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh. 

Sebagai sumber magnesium 

Magnesium adalah mineral penting yang diperlukan bagi tubuh. Dan di dalam buah naga ini terdapat kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga kandungan magnesium ini akan berfungsi dalam proses pemecahan energi pembentukan DNA dan juga kontraksi otot. 

Mengatasi kerusakan rambut 

Buah naga ternyata mampu untuk mengatasi kerusakan rambut salah satunya adalah dengan bahan kimia sehingga menyebabkan rambut menjadi rontok ataupun kusam sehingga dengan mengonsumsi buah naga dapat memperbaiki kondisi kesehatan folikel rambut serta adanya vitamin dan juga mineral di dalam buah naga akan memberikan nutrisi pada kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut kembali sehat. 

Mengatasi penuaan 

Manfaat buah naga selanjutnya adalah untuk mengatasi penuaan siapa sih Di sini nggak mau jika terlihat awet muda terus dengan mengonsumsi buah naga ternyata bagus bagi kesehatan kulit hal ini bisa kalian gunakan sebagai masker jus ataupun dimakan seperti biasa, hal ini bisa kalian coba setiap hari. 

Nah itulah tadi beberapa manfaat dari buah naga untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat sehingga tak ada salahnya jika menjadikan buah naga sebagai konsumsi harian kalian namun jangan sampai berlebihan ya karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu sangat tidak baik bagi kesehatan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda