Manfaat ampas kopi bagi tanaman - JALUR INFORMASI

6.3.21

Manfaat ampas kopi bagi tanaman

Seberapa sering kamu minum kopi? Daripada membuang ampas sisa kopi tersebut, Coba lakukan hal berikut ini, karena akan bermanfaat sekali bagi tumbuhan.


manfaat ampas kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak diminum oleh berbagai macam golongan mulai dari remaja hingga dewasa baik perempuan maupun laki-laki. Bahkan jenis-jenis minuman kopi ini sangatlah banyak dan beberapa jenis diantaranya seperti kopi robusta dan juga kopi arabika. 

Namun kali ini kita tidak akan membahas dari jenis-jenis disebut melainkan ampas dari sisa kopi yang sering diminum tersebut, alih-alih membuangnya ternyata ampas kopi ini mengandung kandungan seperti mineral dan juga nutrisi yang baik bagi tumbuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ampas kopi yang bermanfaat bagi tumbuhan yang belum banyak diketahui. 

Sebagai pupuk 

Ternyata ampas kopi ini merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan kan sebagai pupuk alami yang mudah untuk didapatkan hal ini ini dikarenakan ampas kopi ini memiliki salah satu sumber nitrogen terbaik dan penting bagi tanaman khususnya sayuran. Hal ini dikarenakan fungsi nitrogen pada tumbuhan akan membantu proses tanaman bereproduksi menjadi lebih baik (Subur). 

Sebagai Kompos 

Manfaat selanjutnya dari ampas kopi adalah sebagai kompos, hal ini dikarenakan apa scopy adalah bahan organik yang bagus untuk ditambahkan ke dalam kompos, hal ini dikarenakan fungsinya hampir sama memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk karena akan menambah tambahan nitrogen sebagai salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan. 

Sebagai pestisida alami 

Ampas kopi ternyata dapat mencegah hama yang merusak pada tumbuhan caranya dengan melakukan atau menaburkan ampas kopi tersebut ke permukaan tanah dari tumbuhan tersebut. Hal ini dikarenakan bahan kopi yang abrasif dapat mencegah hama untuk berkembang dan merusak tanaman. 

Penyuplai energi untuk tanaman 

Manfaat selanjutnya adalah untuk memberikan dorongan energi kepada tumbuhan sehingga tumbuhan yang ditaburi ampas kopi tersebut akan menjadi lebih sehat dan tentunya akan lebih menarik hal ini dikarenakan fungsi dari nitrogen yang dimiliki oleh ampas kopi tersebut. 

Cara tersebut telah dilakukan oleh eh Merry Competti dan juga Jim dari Old World GardenFarms di Nashport, Ohio Amerika Serikat. Iya telah memanfaatkan ampas kopi tersebut guna menunjang berbagai macam tanaman yang mereka tanam. Hal ini ternyata cukup berhasil sehingga membuat tanaman yang ditaburi oleh ampas kopi tersebut menjadi lebih subur dan juga kebal terhadap penyakit. 

Selain itu mereka menilai ampas kopi tersebut lebih mudah untuk ditemui dan juga lebih murah, selain penggunaannya yang praktis dan manfaatnya juga sudah mereka Rasakan Sendiri. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda