Kampung Tangguh di Muba amankan cadangan pangan nasional - JALUR INFORMASI

5.3.21

Kampung Tangguh di Muba amankan cadangan pangan nasional

Bangga ! Inilah Kampung Tangguh yang ada di Musi Banyuasin sebagai Penunjang Ketahanan Pangan Nasional


JALURINFO.ID-Terdapat 16 kabupaten di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang berperan besar dalam mengamankan cadangan pangan nasional di wilayahnya. Wilayah yang berjuluk Kampung tangguh tersebut berada di desa ngulak Kecamatan Sanga. Hal ini dikarenakan Kecamatan ini mampu menghasilkan 1.600 ton beras yang berasal dari 141 hektar sawah. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya di Sekayu " hal ini berkat semangat dari petani di desa ngulak sehingga bisa menghasilkan 3 kali panen dalam setahun meskipun dalam wabah covid 19 ". 

Panen padi di muba

Hal ini tentu sejalan dengan tujuan pendirian Kampung tangguh Covid-19 ini oleh pemerintah setempat. Dalam pembentukan Kampung tangguh ini terdapat 5 prioritas yaitu itu sebagai satuan Desa posko, sampangan, bantuan sosial, kemandirian sosial dan juga Lestari hutanku. Hal ini didasari berdasarkan penilaian tertinggi tingkat kabupaten bahkan hingga masuk ke dalam tingkat provinsi. 

BACA JUGA : Asal-usul Nama Sekayu

Bupati Muba yaitu Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan " keberhasilan dari Desa sanga patut dicontoh oleh desa-desa lain karena telah berhasil mencapai target serta mensinergikan kehidupan di masyarakat ". Hal ini tentu saja bukan sebagai wadah saja melainkan sosial budayanya, dan siswa-siswi yang tetap aktif belajar daring meskipun dalam keadaan covid 19. 

Pada wawancara tersebut Dodi Reza juga berpesan agar masyarakat jangan sampai membuka lahan dengan cara membakarnya khususnya di wilayah Muba. Hal ini dikarenakan wilayah Muba merupakan wilayah yang ber areal gambut dan sangat rawan terbakar ketika memasuki musim kemarau. 

BACA JUGA : Asal-usul Nama Jakabaring Palembang

Meskipun sejauh ini pemerintah setempat telah memenuhi prasarana pemadaman kebakaran khususnya di desa Sanga ini, namun jangan sampai masyarakat melakukan hal yang ke gabah dan bisa merugikan banyak pihak. Sehingga dengan hal tersebut tentu dapat menciptakan ketentraman dan juga kemajuan bersama bagi masyarakat di Musi Banyuasin yang akan terus diprioritaskan kedepannya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda