Julukan Indonesia di mata dunia - JALUR INFORMASI

7.3.21

Julukan Indonesia di mata dunia

Orang Indo Wajib tau !! Inilah julukan Indonesia di mata dunia.


indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di di Asia Tenggara dan juga dunia. Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam serta keragaman budaya, rumah tradisi dan juga etnis. 

Sehingga dari berbagai hal tersebut membuat Indonesia memiliki berbagai macam julukan yang dinobatkan oleh dunia. Berikut ini adalah julukan Indonesia di mata dunia yang wajib kalian ketahui. 

apa julukan indonesia dimata dunia

Negeri Seribu Pulau 


Berdasarkan situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI indonesia memiliki sekitar 18110 pulau. Dari jumlah tersebut hanya 13.466 Pulau saja yang telah berpenghuni sisanya 11.000 masih belum dihuni oleh manusia. 

Bahkan dengan jumlah pulau tersebut indonesia masih memiliki tambahan sekitar 300 Pulau lagi sehingga Hal inilah yang menyebabkan Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. 

Sebagai negara kepulauan yang terbentang di antara benua Asia dan juga benua Australia dan diapit oleh Samudra Pasifik dan juga Samudera Hindia membuat Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa. 

Sehingga Indonesia dinilai sangat nyaman untuk berwisata khususnya bagi turis asing yang berasal dari Eropa, dan juga beberapa negara lain yang ada di Asia. Sehingga membuat Indonesia ini dikenal sebagai negara dengan julukan Seribu Pulau. 


Negeri seribu candi 


Meskipun di negara lain juga terdapat candi seperti di kamboja, sri Lanka, India dan beberapa negara lain yang ada di dunia namun Indonesia yang terpilih sebagai salah satu negara dengan jumlah terbanyak yang memiliki candi. 

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan juga kebudayaan Kemendikbud jumlah candi di Indonesia tidak dapat ditentukan secara Pasti karena belum banyak yang terekpos namun diyakini jumlah candi di Indonesia saat ini sudah lebih dari 1000 candi. 

Banyaknya Candi tersebut tersebar ke berbagai pulau yang ada di Indonesia dan pulau Jawa merupakan pulau yang paling banyak ditemukan candi seperti Komplek percandian Borobudur, percandian Batujaya, candi Prambanan, candi lumbung, Candi Ijo, Candi Sewu, Candi Jago, Candi Kidal, Candi Penataran dan masih banyak lagi lainnya. 

Dan beberapa diantaranya ada terdapat pula di Sumatera seperti Candi Muara Takus Candi bahal Candi Muara Jambi hingga Candi Bumiayu. 

Paru-paru dunia 


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Dan sebagian besarnya merupakan hutan hujan tropis dan juga hutan hujan biasa. Hutan-hutan tersebar ke berbagai pulau yang ada di Indonesia seperti di pulau Kalimantan dan juga papua yang masih banyak terdapat hutan. 

Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki jumlah hutan terluas di dunia sehingga peran Indonesia terhadap suplai oksigen sangatlah besar. Sehingga tak diragukan lagi jika Indonesia masih memiliki taji sebagai negara dengan luas hutan terluas di dunia. 

Meskipun hingga saat ini jumlahnya semakin terus berkurang akibat penebangan liar dan juga pembangunan yang yang tiada henti. 


Heaven Earth 


Hevent Earth merupakan sebuah julukan bagi Indonesia hal ini dikarenakan indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam serta berbagai macam budaya tradisi dan juga keragaman suku sehingga membuat dunia takjub kepada Indonesia. 

Event yang memberi arti lain adalah surga dunia atau Paradise membuat banyak orang yang datang ke Indonesia untuk menikmati suasana di di negeri kita tercinta ini. Semoga hal ini masih bisa terus kita jaga sehingga Citra kita di mata dunia tetap terjaga. 

Zamrud Khatulistiwa 


Indonesia adalah negara dengan kepulauan terbesar yang dilalui oleh garis khatulistiwa hal ini ini dikarenakan Indonesia terletak antara 6 derajat lu 11 derajat LS dan juga 95 derajat BT dan 141 derajat BT. Zamrud Khatulistiwa sendiri memiliki arti keindahan batu zamrud.

Hal ini dikarenakan wilayah yang dilewati oleh garis ini memiliki iklim yang yang tropis sangat cocok bagi tumbuh-tumbuhan serta hewan yang ada di Indonesia. Wilayah yang dilewati oleh Zamrud Khatulistiwa di Indonesia adalah kota Pontianak dan juga Kalimantan Barat. 
Macan asia tertidur 

Banyak negara di dunia menjuluki Indonesia ini dengan berbagai macam julukan salah satunya adalah macan asia tertidur. Sebenarnya dahulu Indonesia memang dikenal sebagai Macan Asia karena tajinya sangat disegani dan juga dihormati oleh bangsa lain. 

Namun pada era modern saat ini indonesia sudah dianggap sebagai Macan yang tertidur. Karena dianggap bahwa Indonesia ini memiliki potensi yang menjadi negara besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga hal ini masih menjadi problem tersendiri bagi pemerintahan Indonesia. 


Negara Megabiodiversitas 


Dilansir dari situs resmi indonesia.go.id indonesia memiliki keberagaman hayati yang sangatlah tinggi mulai dari ekosistemnya, jenis genetik serta berbagai macam upaya pemanfaatan dan juga perlindungannya. 

Diperkirakan luas daratan Indonesia saat ini mencapai 1.919.440 km persegi sedangkan luas perairan nya mencapai 3.257.483 km persegi dengan garis pantai mencapai rp 3 99.093 km. 

Berkat luasnya negara Indonesia ini membuat berbagai macam jenis flora dan fauna termasuk spesies hewan purba pun dapat hidup di sini bahkan masih ada hingga saat ini. Seperti komodo yang ada di Pulau Komodo. 

Jenis hewan yang ada di Indonesia ini tersebar di 3 wilayah yakni Barat, dan juga Timur dan bentang alam Indonesia hanya mengikuti garis wallace ya Komang garis Weber dan juga garis lydekker. 

Tentunya dengan hal tersebut membuat semakin beragam lagi jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia nah itulah tadi beberapa julukan Indonesia di mata dunia semoga informasi ini bisa menambah wawasan serta kecintaan kita terhadap negara dan jangan sampai kita tidak mengetahui julukan tersebut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda