Cara menanam Cabe di Polybag agar berbuah lebat - JALUR INFORMASI

8.3.21

Cara menanam Cabe di Polybag agar berbuah lebat

Jalurinfo.id-Pernahkah kalian menanam cabai pada polybag atau kalian sudah pernah menanamnya, namun cabai tersebut kurang subur atau bisa dikatakan tidak bagus hasilnya. Berarti metode yang kalian gunakan tersebut masih kurang tepat.

Sehingga hasilnya tidak maksimal. Cabe merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki tingkat adaptasi yang cukup tinggi sehingga cabe ini merupakan salah satu tumbuhan yang bisa ditanam di mana saja, salah satunya adalah melalui polybag. 

Menanam cabe pada polybag tentu saja memiliki perbedaan mendasar daripada menanam cabe pada lahan, meski sama-sama butuhkan perawatan yang cukup kompleks namun menanam cabe pada polybag juga harus dengan perlakuan khusus agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut ini adalah tahapan dalam menanam cabe di polybag agar menjadi subur dan berbuah lebat. 

cara menanam cabe di polybag agar subur dan berbuah lebat

1. Persiapan media semai 

Langkah awal dalam menanam cabai pada polybag ini karena harus menyiapkan medianya terlebih dahulu salah satunya adalah penyemaian, kalian bisa terlebih dahulu menyemaikan bibit cabai tersebut tujuannya adalah agar kalian bisa menyeleksi jenis bibit yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang baik. 

Dalam persiapan ini kalian membutuhkan wadah dengan ketinggian sekitar 15 hingga 30 cm. Kalian bisa menggunakan baskom bekas ataupun alat lainnya sebagai media. Dan pada media tersebut kalian bisa menaruh tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos dan lebih baik lagi jika ditambah dengan pupuk herbafarm granul. 

Kemudian Isilah wadat tersebut hingga penuh dan selanjutnya tinggal kalian siram menggunakan sprei air sehingga tanaman tersebut menjadi lembab kemudian diamkan kurang lebih sampai dengan 1 minggu setelah itu bibit baru siap untuk ditebarkan. 

2. Persiapan bibit 

Jika sudah mempersiapkan medianya kalian kemudian bisa melakukan persiapan bibit yang bisa kalian beli di tokoh pertanian terdekat. Namun Kalian juga bisa melakukannya dengan cara menggunakan cabe dapur yang ada di rumah kalian, pilihlah cabe yang terlihat matang sempurna dan tidak ada bekas luka ataupun hama pada buah cabe tersebut. Kemudian belah cabe tersebut dan keluarkan bijinya lalu bersihkanlah biji cabe tersebut dengan air setelah itu keringkan tanpa terkena sinar matahari secara langsung. 

Dan jika kalian punya pupuk organik cair misalnya herbafarm kalian bisa merendam biji cabe tersebut menggunakan pupuk organik. Untuk dosisnya sendiri perkiraan sekitar 2 hingga 3 buah cabe cukup menggunakan 5 hingga 10 ml pupuk organik yang dicampur kan dengan air secukupnya. Kemudian rendamlah sekitar 30 Menit Saja, jika sudah keringkan dengan cara jangan terkena sinar matahari secara langsung dan setelah kering maka bibit cabai siap untuk disemai. 

3. Proses penyemaian 

Proses penyemaian bibit cabe ini membutuhkan perawatan yang tidak rumit kalian perlu melakukan penyiraman secara teratur yang dapat disesuaikan dengan kondisi dari media penyemaian tersebut kalian bisa menyiramnya pagi ataupun sore hari saja hingga tanah terlihat lembab dan biasakanlah menggunakan sprayer penyiraman. 

Jika kalian membeli pupuk organik cair lakukanlah setiap minggu sekali dan khusus untuk pupuk herbafarm kalian bisa menggunakannya dengan mulai dosis 5 ml saja. Setelah bibit semai tersebut berusia 3 hingga 4 Minggu ataupun telah muncul beberapa helai daun dari bibit cabai tersebut maka bibit tersebut sudah siap untuk dipindahkan ke polybag. 

4. Persiapan polybag 

Pada minggu ke-2 proses penyemaian kalian bisa mempersiapkan polybag dan juga media tanam. Istilah polybag tersebut dengan tanah ataupun media tanam yang dibeli dari tokoh pertanian dan juga pastikan mengisinya sampai penuh, dan selanjutnya siramlah sampai terlihat lembab jika sudah kalian bisa melakukan proses penyemaian atau pemindahan bibit padi ke polybag. 

5. Cara menanam 

Jika bibit dan polybag nya sudah siap makalah langkah selanjutnya kalian bisa membuat lubang pada polybag kira-kira 5 hingga 7 cm kemudian cabut lah bibit pada media penyemaian sebelumnya dan kalau bisa angkat sedikit menggunakan tanahnya agar akarnya typo terputus. 

Kemudian timbunan dengan tanah di polybag tersebut setelah itu siram dengan air hingga lembab atau basah bisa juga kalian menggunakan sprayer untuk tanaman. 

6. Cara merawat 

Untuk merawat cabe pada polybag ini cukuplah mudah tidak serumit pada lahan luas karena medianya tidak sebesar atau luas area persawahan kalian hanya perlu memperhatikan apakah terdapat rumput atau tumbuhan pada polybag tersebut Dan lakukanlah pembersihan serta penyebar aman setiap hari bisa dilakukan pagi hingga sore hari. 

Untuk pemangkasan pertama kalian bisa lihat ketika cabai mulai berbunga kalian harus membuang buka tersebut tujuannya agar tanaman cabe ini tidak tumbuh terlalu tinggi karena tanaman pada polybag ini tidak harus Tinggi karena batangnya tidak akan kuat. Sehingga cabe yang sudah dipangkas itu akan tumbuh dengan baik dan merupakan salah satu kunci agar cabe berbuah lebat. 

Kalian juga bisa melakukan pemupukan secara rutin agar nutrisi pada tanah tersebut tidak hilang sehingga memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman cabai tersebut. 

Catatan tambahan: 

Jalan Penggunaan pupuk organik pada media penyemaian memiliki tujuan untuk mencegah terjadinya penyakit menular pada cabai. 

Perendaman bibit dengan pupuk organik mencegah terjadinya penyakit penularan pada cabai. 

Nah itulah tadi sekilas mengenai cara atau petunjuk menanam cabe di polybag agar subur dan berbuah lebat kalian bisa langsung mempraktekkannya dan menyiapkan media penyemaian cabai tersebut semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda