Aturan Baru Pensiunan PNS akan Dapat 1 M Benarkah? - JALUR INFORMASI

5.3.21

Aturan Baru Pensiunan PNS akan Dapat 1 M Benarkah?

Kabar Baik, Masa Tua PNS akan mendapatkan Rezeki Nomplok !


Jalurinfo.id-Berdasarkan yang disampaikan oleh menteri pemberdayaan aparatur negara dan Reformasi birokrasi atau Menpan RB yaitu Tjahjo Kumolo beliau memastikan bahwa dana pensiun PNS telah diterapkan dengan jumlah iuran pasti atau Fully funded. 

Berdasarkan Hal inilah pemerintah melakukan perubahan terhadap sistem pensiunan yang berdasarkan dengan iuran pasti hal inilah yang disampaikan oleh Cahyo Kumolo beberapa waktu yang lalu. 
Pensiunan PNS

Namun lagi lagi hal ini masih belum bisa terealisasi karena pandemi covid 19. Hal inilah yang menyebabkan pemerintah masih fokus terhadap anggaran bagi kesehatan dan juga bantuan sosial atau bansos. 

Sementara itu berdasarkan kan kan wawancara dengan Direktur Jenderal anggaran kementerian dan keuangan Askolani ia juga mengatakan akan adanya perubahan skema pensiunan yang telah selesai dibuat sehingga hanya menunggu waktu mengenai pembahasan lebih lanjut dan ditetapkan sebagai peraturan pemerintah atau PP. 

Askolani menyampaikan pada Jumat lalu " nanti ya ditunggu resminya dari pemerintah akan di infokan pada waktunya tanda kutek ujar askolani sebagai Direktur Jenderal anggaran kementerian dan keuangan. 

Langkah-langkah sebenarnya dilakukan guna memberikan dana pensiun yang lebih besar bagi para PNS yang telah habis masa kerjanya. Sehingga skema terbaru ini juga akan mengurangi beban dari APBN. 

Saat ini saja pemerintah harus mengeluarkan APBN sekitar 120 triliun setiap tahunnya guna membayar pensiunan PNS. 


Dana tersebut kira-kira dibayarkan sekitar ke 3,1 juta yang pensiun PNS. Sejalan dengan hal tersebut kepala Badan Kepegawaian Negara atau BKN yaitu Bima Haria beliau juga mengatakan pensiunan fully funded ini masih terus dalam pembahasan terutama dalam Kementerian Keuangan. 

Lalu bagaimana skema dari pensiunan PNS fully funded ini? Dalam skemanya sistem pensiunan fully funded ini membuat pensiunan PNS akan menerima lebih besar karena iuran yang diterapkan merupakan presentase dari yang namanya take home pay atau THP dengan jumlah yang lebih besar tentunya. 

Sehingga Hal inilah yang membuat pensiunan akan menerima dana lebih besar. Selain diambil dari persentase THP ternyata pembayarannya juga akan dibayarkan melalui patungan antara PNS dan juga pemerintah. 

Hal inilah yang disampaikan oleh Bima Arya " ya ke depannya sistem ini akan diubah sebagai Fully funded, sehingga PNS akan dibayarkan iuran sebesar persentase dari THP bukannya iya, sehingga uang pensiunan ini akan mendapatkan besaran lebih baik dari sistem pay as you go ". 


Menurutnya dana pensiunan PNS saat ini sangatlah kecil karena hanya dari gaji pokok saja sehingga membuat pensiunan PNS hanya menerima jumlah yang tidak mencukupi. 

Negara yang telah menerapkan sistem full bunda Tini adalah Korea Selatan yang telah memberlakukan dana pensiun sebesar 20% dari gaji pokok dimana 10% dibayar oleh pemberi kerja dan 10 sisanya dibayar oleh PNS. 

Dan skema ini Tentunya dianggap lebih baik dalam memberikan kesejahteraan. Karena dengan skema fully funded ini bukanlah hal yang mustahil bagi para PNS dengan pegawai Eselon 1 di Kementerian 
akan mendapatkan dana pensiun hingga 20 juta perbulan. 

Dan berdasarkan hal tersebut tjahjo Kumolo lagi-lagi mengatakan kemungkinan bagi pensiunan PNS akan mendapatkan dana pensiun hingga 1 Miliar bukanlah hal yang mustahil.

Maka kita tunggu saja apakah hal tersebut akan benar-benar terealisasi sesuai dengan apa yang direncanakan dan diharapkan oleh masyarakat terutama bagi para pensiunan PNS sehingga dapat membantu mensejahterakan. Dilansir dari cbcindonesia.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda