Inilah 7 Perbedaan D4 dan S1 - JALUR INFORMASI

5.3.21

Inilah 7 Perbedaan D4 dan S1

Masih Bingung menentukan antara  D4 dan S1? Yuk SImak dulu Penjelasan pada artikel ini agar kalian tidak menyesal nantinya.


Perbedaan D4 dan S1


Saat ini pendidikan masih merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan salah satu syarat yang menentukan jenjang karir kalian. Dan bagi kalian yang baru lulus dari SMA kemudian ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik lalui D3, D4 hingga S1. 

Tentu hal tersebut merupakan sesuatu yang penting. Lu Apakah perbedaan antara D4 dan juga S1 meskipun sama-sama selama 4 tahun dan sama-sama mendapat gelar sarjana namun D4 dan S1 ini memiliki perbedaan berikut ini adalah perbedaan antara D4 dan juga S1. 

Pengertian D4 dan S1 

Sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kita harus mengerti terlebih dahulu Apa itu D4 dan juga S1. D4 atau yang masuk dalam kategori diploma terdiri dari empat tingkatan, yaitu Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3 dan Diploma 4. 

Pada program Diploma ini merupakan pendidikan yang dikhususkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat yang lebih mengutamakan keterampilan setelah penalaran dan penerapan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. 

Sedangkan S1 terdiri dari tiga tingkatan yaitu sarjana 1, dua dan juga sarjana 3. Sedikit berbeda dengan diploma, pada program sarjana ini lebih diutamakan kepada pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mempraktekkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi melalui sebuah penalaran ilmiah. 

Kurikulum perkuliahan 

Perbedaan antara S1 dan d4 terlihat pada kurikulum perkuliahannya pada D4 biasanya lebih mengembangkan keterampilan suatu penerapan ilmu pengetahuan. Dengan bobot nilainya yaitu 60% praktik dan 40% teori.

Biasanya lulusan D4 ini cenderung memiliki kecepatan praktik yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa S1. Sehingga lulusan dari D4 ini bisa terus fokus dan mengasah keterampilannya di bidang masing-masing secara khusus. 

Sedangkan untuk S1 dalam segi perkuliahan lebih mendalami teori-teori, dengan bobot adalah 60% teori dan 40% praktik. Diharapkan lulusan dari S1 ini dapat melakukan riset serta analisa secara lebih mendalam dan menerapkan hal tersebut melalui praktik yang bisa dilakukan dengan implementasi berdasarkan teori yang telah dipelajari sebelumnya. 

Perbedaan program studi 

Pada program studi D4 tentunya akan lebih spesifik daripada S1, contohnya seperti pada program D4 teknik pengolahan ataupun pada pemeliharaan infrastruktur sipil manajemen Pemasaran dan juga manajemen keuangan.

Namun pada program D4 ini ada pula program studi yang hampir mirip dengan S1 misalnya d4 Kebidanan. Namun tentu saja terdapat perbedaan di dalamnya yang tetap mengutamakan praktik. 

Sedangkan pada S1 akan cenderung lebih umum contohnya seperti S1 teknik dan S1 manajemen yang nantinya akan terfokus ke dalam berbagai peminatan yang tersedia sehingga tidak banyak praktek yang bisa ditemukan di S1. 

Gelar lulusan 

Perbedaan yang terlihat antara D4 dan S1 adalah gelar dari lulusannya, pada D4 para lulusannya akan mendapatkan gelar S.Tr atau sarjana terapan yang biasanya diikuti dengan program studinya seperti S.Tr. Ak untuk lulusan D4 program studi akuntansi. 

Sedangkan untuk lulusan S1 akan mendapatkan gelar yang diikuti dengan program studi di belakangnya misalnya lulusan guru akan mendapatkan gelar S.Pd. 

Tempat kuliah S1 dan D4 

Perbedaan yang terakhir antara S1 dan juga D4 adalah ketersediaannya di Indonesia. Di sini S1 tentu lebih unggul karena sudah banyak sekali universitas baik negeri maupun swasta yang menyediakan pendidikan lulusan S1. 

Hal ini tentu terbalik Jika dibandingkan dengan lulusan D4 yang masih jarang ditemui di Indonesia. Biasanya kampus atau universitas yang menyediakan nya bersifat Politeknik maupun universitas. Pada masa Kuliahnya juga mahasiswa akan menempuh jenjang yang sama yaitu 4 tahun dengan sekitar 144 SKS. 

Skripsi versus laporan ilmiah 

Sebagai mahasiswa tentu kita tidak akan lepas dengan yang namanya tugas akhir ataupun biasa disebut sebagai skripsi bagi lulusan S1 dan laporan ilmiah bagi lulusan D4. 

Pada program D4 tugas akhirnya Biasanya berupa Kerja Praktek yang bertugas untuk menyusun laporan ilmiah berdasarkan hasil dari Kerja Praktek tersebut sehingga mereka dinyatakan lulus jika berhasil menyelesaikan kerja Praktek tersebut. 

Sedangkan pada S1 tugas akhirnya biasanya disebut dengan skripsi yaitu dengan menyelesaikan karya ilmiah berdasarkan minat yang telah disetujui oleh dosen pembimbing sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. 

Sedikit tips bagi kalian yang masih bingung menentukan antara D4 dan juga S1 menurut Mimin ada beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan berikut ini adalah penjelasannya. 

  1. Riset mengenai kemampuan dan juga Skill dari diri sendiri 
  2. Ketahui nilai musik di sekolah 
  3. Cari tahu keuntungan dan konsekuensinya 
  4. Skeptis memilih kampus 
  5. Pertimbangkan lama durasi program studi 
  6. Konsultasikan dengan orang terdekat keluarga ataupun yang telah berpengalaman 

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai perbedaan D4 dan juga S1 yang perlu kalian ketahui semoga bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah kemanapun kalian inginkan admin disini mendoakan semoga bisa tercapai ya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda