Indahnya Danau Shuji objek wisata peninggalan Jepang yang ada di Muara Enim - JALUR INFORMASI

2.3.21

Indahnya Danau Shuji objek wisata peninggalan Jepang yang ada di Muara Enim

Yuk berkunjung ke objek wisata Danau Shuji yang ada di Muara Enim 


Jalurinfo.id-Bagi kalian yang sedang ingin berwisata maka kalian dapat mencoba objek wisata menarik yang satu ini. Kabarnya objek wisata ini merupakan bekas peninggalan Jepang yang kini disulap menjadi lokasi favorit untuk berwisata yang ada di kawasan Muara Enim tepatnya di desa Lembak sekitar 70 km dari pusat Kota Palembang Sumatera Selatan. 

Objek tersebut adalah danau Shuji yang luasnya mencapai 60x400 Meter persegi yang terletak di antara perkebunan karet milik warga setempat. Objek wisata Danau shuji ini kini tengah naik daun dengan ramainya berbagai kunjungan yang datang baik dari sekitar Muara Enim hingga luar daerah. 

Penamaan Danau shuji ini karena dahulu merupakan tempat ini adalah kawasan yang digunakan sebagai dapur dari tentara Jepang yang ada di wilayah Muara Enim dan berjarak hanya 1 kilometer saja dari pusat militer Tentara Jepang. 

Dan sejak memasuki tahun 2020 tempat ini mulai diubah menjadi objek wisata baru yang ada di kawasan Muara Enim. Hal ini juga terlihat dengan pembangunan patung dari tentara Jepang di depan pintu masuk dari objek wisata ini. 

Danau Shuji disambut baik oleh warga dan pengunjung yang datang 

wisata baru danau shuji muara enim


Tidak membutuhkan waktu yang lama ternyata objek wisata ini sangat berhasil memikat hati Masyarakat khususnya Sumatera Selatan untuk datang ke objek wisata ini hal ini juga tidak terlepas dari peran gubernur Sumatera Selatan Kapolda dan juga Wakapolda serta Bupati setempat.

BACA JUGA: Nasi Minyak Palembang Sejarah dan Cara Membuatnya

Hingga Kapolres yang ikut mempopulerkan objek wisata danau shuji ini. Sehingga membuat objek wisata ini semakin dikenal luas hal ini terlihat dari para pengunjung yang datang mulai dari kota Palembang, limfoma ogan Ilir lahat, prabumulih dan beberapa apa daerah yang ada di Sumatera Selatan lainnya. 

Sebenarnya objek wisata ini muncul akibat dari merebaknya pandemi covid 19 yang membuat beberapa objek wisata di Muara ini mengalami tutup sementara bahkan ada beberapa pekerja dari objek wisata tersebut yang terpaksa berhenti. 

Hal inilah yang kemudian memunculkan ide untuk membuat objek wisata sendiri. Tentu saja hal ini disambut dengan baik oleh warga setempat yaitu dari desa lembak, mereka pun bergotong-royong untuk membersihkan lingkungan dari danau shuji tersebut. Pembersihan lokasi tersebut membutuhkan waktu hingga berbulan nggak akhirnya rampung pada bulan Oktober tahun 2020. 

Setelah pembersihan selesai warga kemudian membangun pondok-pondok ataupun Saung bagi para pengunjung yang datang bahkan di lokasi danaunya disediakan wahana bebek-bebekan kereta Perahu yang dapat memfasilitasi para pengunjung untuk berkeliling menggunakan fasilitas tersebut. 

Selain itu guna semakin memperkenalkan objek wisata ini semakin luas lagi penduduk setempat bekerjasama dengan wartawan untuk Meliput objek wisata baru yang ada di di Muara Enim tersebut. 

Bahkan saat ini objek wisata Danau Shuji mendapat bantuan dari corporate social responsibility atau CSR yaitu perusahaan BUMN yang Berencana untuk membangun objek baru berupa jembatan yang akan membelah danau tersebut.

Tentu saja hal tersebut disambut dengan baik dan diharapkan mendapatkan respon yang positif dari para pengunjung. Tak hanya sampai di situ saja pengurus Danau shuji yaitu bob Permana mengatakan bahwa janur suci ini akan semakin diperluas lagi seperti ATV, waterboom serta beberapa objek wisata Edukasi bagi para pengunjung yang datang.

Semoga saja hal tersebut bisa tercapai karena hal ini merupakan sebuah hal yang positif guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dan juga bernilai edukasi bagi para pengunjung yang datang ke objek wisata Danau Shuji. 

Dan bagi kalian yang memiliki rencana untuk berlibur maka danau shuji ini merupakan pilihan yang tepat selain tiket yang tidak terlalu mahal yaitu sekitar 5000 rupiah per orangnya dan merupakan objek wisata yang fresh alias baru tentu akan menambahkan kesan tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda