Ijazah Digital Tengah dipersiapkan di Indonesia - JALUR INFORMASI

2.3.21

Ijazah Digital Tengah dipersiapkan di Indonesia

Zaman sudah semakin maju Maka begitu pula dengan Ijazah Kalian, Yuk ketahui apa saja kelebihannya.

JALURINFO.ID-Pada era digital seperti saat ini tentu memiliki sebuah tantangan dan juga hambatan yang dapat membuat segala sesuatu menjadi instan dan berkembang luas melalui berbagai macam cara. 

Salah satunya adalah melalui media sosial. Dengan adanya media sosial serta kemajuan teknologi seperti saat ini tentu membuat informasi dapat berkembang dengan cepat serta memudahkan aktivitas. 

Tentu saja hal ini merupakan nilai positif dari dampak kemajuan teknologi salah satunya di bidang pendidikan. Karena saat ini teknologi sudah menjadi salah satu aspek penunjang kemajuan bagi suatu Negara termasuk di Indonesia. Tentu hal ini juga harus di imbangi dengan hal-hal postif yang dapat memudahkan masyarakat kedepannya.


munculnya izah digital pertama di Indonesia


Hal inilah yang yang menginspirasi peruri selaku perusahaan umum percetakan uang Republik Indonesia. Untuk membuat ijazah dan juga transkrip nilai secara digital. Saat ini Peruri Tengah bekerja sama dengan STMIK-STIE Mikroskil yang letaknya berada di Medan Sumatera Utara. 

Ini untuk menyiapkan dan juga memfasilitasi Universitas dalam menerbitkan ijazah dan juga transkrip nilai secara digital yang tentunya dapat mempermudah pendataan secara online melalui internet. 

Hal ini dikarenakan pada saat ini kemajuan teknologi telah membawa banyak sekali manfaat seperti berkomunikasi, mobilisasi, edukasi dan masih banyak lagi lainnya.

Sehingga diharapkan hal ini juga dapat diikuti oleh perusahaan BUMN sebagai penyelenggara sertifikat elektronik yang masih berada di bawah koordinasi Kementerian komunikasi dan juga Informatika Republik Indonesia atau kominfo. 

Bahkan hal ini sudah lebih dulu di usulkan oleh ITB hal ini terlihat ketiga ITB lebih dulu menerbitkan ijazah digital pertama di Indonesia, yang setara dengan kampus terkemuka yang ada di dunia seperti Brown university di USA, University of Bergen Norway, Corner University hingga Stanford University.

yang berlaku mulai dari jenjang sarjana, Magister, Doctoral hingga ke profesor yang tentu saja lebih aman dari bentuk pemalsuan hingga keamanannya untuk diretas, karena setiap perubahan otomatis akan terdeteksi melalui sebuah software aplikasi pembaca PDF di bagian digital signature. 

Ijazah dan transkrip nilai dari ITB ini tentu dijamin keasliannya dan dapat diverifikasi langsung secara kasat mata dengan membuka dokumen ijazah digital tersebut melalui aplikasi pembaca PDF. 

Sehingga hal ini tidak akan berbeda jauh dengan ijazah konvensional lainnya hanya saja bedanya bersifat online n&d udah untuk dibawa kemana-mana.

Namun rencananya ijazah maupun transkrip nilai yang dikeluarkan oleh Peruri akan menggunakan format berbentuk Hybrid dengan bentuk cetakan fisik dan juga digital bahkan Peruri akan menyediakan layanan yang sangat memudahkan dan juga terintegrasi antara produk cetakan dan juga sistem digital.

Sehingga dapat menyesuaikan informasi yang tertera pada ijazah dan juga transkip nilai secara valid baik yang digital maupun non digital. 

Tentu saja hal tersebut merupakan kabar baik karena saat ini teknologi sudah semakin berkembang salah satunya di bidang pendidikan, sehingga diharapkan hal ini dapat memudahkan instansi terkait dalam penerbitan ijazah digital kedepannya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda