Cara tepat mendidik anak di usia tumbuh kembang - JALUR INFORMASI

10.3.21

Cara tepat mendidik anak di usia tumbuh kembang

Jalurinfo.id-Pendidikan anak sejak dini merupakan salah satu hal paling penting yang wajib diketahui oleh orang tua. Hal tersebut Tentu saja sangat penting bagi perkembangan dan juga tumbuh kembang dari si anak tersebut sehingga ia bisa menjadi anak yang cerdas, memiliki akhlak yang baik, berbudi pekerti luhur serta dapat bermanfaat bagi banyak orang. Namun masih banyak diantara orang tua yang tidak mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang benar, sehingga hal tersebut menjadi permasalahan tersendiri. 

Karena pendidikan yang paling utama dan pertama adalah melalui keluarga sehingga kita sebagai orangtua tentu harus mengetahui usia yang tepat dalam mendidik anak agar nantinya yang sesuai dengan apa yang yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara mendidik anak diusia yang tepat. 

Sebelum kita melanjutkan ke pembahasannya tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa sih usia yang tepat untuk orang tua mulai mendidik anaknya? Jadi usia yang tepat untuk mendidik anak adalah pada usia anak memasuki 5 tahun pada masa ini otak dari anak tersebut akan tumbuh dan berkembang lebih cepat, pada masa ini juga dinamakan sebagai golden age

Hal ini dikarenakan si anak akan mudah apa yang diajarkan oleh orang tua sehingga pada usia tersebut diharapkan orang tua dapat memberikan pengetahuan dan juga wawasan dengan memberikan contoh yang baik. Karena pada usia tersebut juga si anak akan mulai suka meniru kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya. 

cara mendidik anak diusia tumbuh kembang

Mengarahkan anak 

Dalam mengarahkan anak terutama pada usia memasuki 5 tahun harus dilakukan dengan cara cara yang sabar dan juga penuh akan kasih sayang, dan jangan pernah kalian membentak foto memberikan kata-kata kepada anak tersebut meskipun Ia melakukan sebuah kesalahan tegurlah ia dengan lembut dan penuh kasih sayang. Sehingga si anak tersebut akan merespon hal yang sama. Tentu saja si anak tersebut tidak akan mengalami rasa ketakutan dan akan berdampak buruk nantinya terutama bagi perkembangan otak dan juga psikisnya. 

Memberikan contoh yang baik 

Sudah pasti sebagai orang tua kita dituntut untuk memberikan contoh yang memiliki dampak positif terhadap anak. Pada usia tumbuh kembang diana akan mulai meniru sikap dan juga perilaku dari orang-orang, sehingga kita sebagai orang tua harus menunjukkan sikap yang baik serta Jangan melakukan tindakan kekerasan di depan anak. Jangan pulang membiasakan untuk menakuti dan berbohong kepada anak hal tersebut tentu bisa saja tersimpan di dalam memorinya sehingga nantinya tidak terbawa saat ia dewasa nanti. 

Memberikan dukungan 

Selain memberikan contoh oh yang baik tentu kita harus mendukung anak terutama bagi mentalnya untuk dapat berkembang dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Jadilah orang tua yang baik dengan mendengarkan kan berkata an maupun cerita yang disampaikan oleh anak hal ini dilakukan agar memberikan sifat percaya diri kepada anak tersebut. Jika mereka tindakan yang baik maka berilah aplus atau pujian kepada anak namun jika mereka melakukan tindakan yang salah jangan pernah kalian memarahinya atau melakukan tindakan yang kasar cukup tegur mereka dan arahkan agar si anak bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah kesalahan. 

Kalian juga yang dapat memberikan contoh seperti jangan pernah memukul teman, saling berbagi, serta memiliki sifat yang tidak pelit alias mau berbagi kepada temannya namun tentu saja hal tersebut harus disampaikan dengan cara yang benar agar si anak mau mendengarkan dan mau melakukan apa yang diajarkan oleh orang tuanya. 

Memberikan rasa nyaman 

Selain memberikan dukungan kita juga harus memberikan rasa nyaman kepada anak misalnya kalian bisa menjadi pendengar yang baik sehingga mereka akan nyaman untuk bercerita dan berani jujur meskipun telah melakukan sebuah kesalahan sehingga anak tersebut akan lebih percaya diri dan merasa memiliki orang yang mau mendengarkan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan keterbukaan kepada anak sehingga hal ini bisa berdampak kepada psikologis anak tersebut. 

Meluangkan waktu bersama 

Ma ini merupakan salah satu faktor yang penting terutama bagi kalian yang memiliki pekerjaan yang padat. Waktu luang bersama anak merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh orang tua. Misalnya saja dengan bermain dengan anak agar mereka dapat mengenal dunia luar, meningkatkan kecerdasan hingga bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar. Maka dari itu kalian harus memiliki waktu yang tepat terutama pada masa tumbuh kembang anak sehingga hal tersebut akan sangat dirasakan dampaknya oleh anak. 

Mengajari sifat menghargai orang lain 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kita harus memberikan arahan kepada anak terutama pada masa tumbuh kembang untuk memiliki rasa saling menghormati dan menghargai kepada sesama. Misalnya saja mengajarkan mereka untuk memiliki rasa empati terhadap orang lain yang yang berada di bawahnya hal ini tentu akan sangat berdampak bagi sifat anak ketika dewasa nanti. Contohnya saja membantu teman yang kurang mampu, memiliki sifat yang hemat misalnya untuk menabung dan Memberikan sebagian tabungannya tersebut kepada orang lain yang lebih membutuhkan. 

Penyampaian yang baik 

Meskipun kalian memiliki waktu luang untuk mengajari anak namun jangan sampai metode yang kalian gunakan ini salah terutama dalam penyampaian. Lakukanlah penyampaian yang benar alias tidak kasar kepada anak contohnya saja dengan memperingatkan jika mereka melakukan sebuah kesalahan lakukanlah dengan cara yang lembut dan penuh kasih sayang sehingga mereka dapat menerimanya dan tidak berdampak kepada psikologisnya. 

Apakah kalian telah melakukan beberapa di atas?, semoga kalian sukses menjadi orang tua yang baik kepada anak

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda