Cara mengolah Jengkol dan manfaatnya bagi tubuh Pecinta Jengkol harus tau - JALUR INFORMASI

7.3.21

Cara mengolah Jengkol dan manfaatnya bagi tubuh Pecinta Jengkol harus tau

Jangan dianggap sepele, inilah berbagai manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh yang perlu kalian ketahui.


Disini siapa yang suka sekali dengan jengkol? Mungkin Sebagian besar masyarakat di Indonesia menyukai jengkol, terutama jika di di olah menjadi semur ataupun sambalado. Tentu sangatlah menggoda terutama bagi para penikmat jengkol. Namun masih banyak pula yang tidak mau mengonsumsi jengkol karena efek bau setelah makan jengkol tersebut sehingga menyebabkan sebagian orang tidak menyukai jengkol karena baunya tersebut. 

Kendati demikian ternyata bau jengkol tersebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, dan sebenarnya bau pada jengkol Ini juga masih bisa diatasi jika mengetahui cara mengolah jengkol yang benar. Para peneliti juga menemukan berbagai macam kandungan yang terdapat pada jengkol seperti karbohidrat dan juga minyak astiri. Selain itu jengkol juga kaya akan vitamin A, Vitamin B, kalsium, alkaloid,Steroid, Glikosida, saponin dan juga sebagai sumber protein. 

Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kalian tidak perlu takut mengkonsumsi jengkol namun jangan berlebihan tentunya. Berikut ini adalah cara pengolahan jengkol serta beragam manfaat dari jengkol tersebut. 


Cara mengolah jengkol agar tidak bau

1. Cara pengolahan jengkol 

Bagi mereka yang tahu cara memasak jengkol tentu hal ini bukanlah suatu hal yang rumit, malah akan membuat rasa dari jengkol tersebut menjadi semakin lezat empuk dan juga tidak berbau berikut ini adalah cara mengolah jengkol yang benar. 

Kupas hingga bersih 

Langkah pertama tentu kalian harus mengupas jengkol yang berwarna kecoklatan selaput pada jengkol juga harus dibuang dan dibersihkan tujuannya adalah untuk membuang rasa pahit pada jengkol terutama jika baru diambil langsung dari pohonnya. 

Rendam dengan air es 

Ternyata air es mampu untuk menghilangkan kan bau jengkol, setelah kalian kupas jengkol tersebut maka kalian tinggal merendamnya di air es selama 1 malam, namun jika kalian tidak menggunakan air es maka kalian bisa menggunakan air sirih ataupun air susu yang bertujuan untuk menghilangkan bau pada jengkol tersebut tanpa menghilangkan vitamin yang terkandung didalamnya. 

Rebus jengkol 

Biasanya orang sudah mengetahui hal ini jengkol haruslah terdiri rebus terlebih dahulu agar menjadi lembut dan enak untuk dinikmati, ini tentu berguna untuk menghilangkan rasa pahit dan juga bau pada jengkol. Pada saat perebusan tersebut kalian bisa menambahkan daun jeruk purut ataupun daun jambu biji sehingga bau pada jengkol ini akan teratasi. Jika dirasa masih kurang kalian bisa melakukannya beberapa kali hingga benar-benar nya bau pada jengkol tersebut sudah hilang. 

2. Manfaat jengkol bagi kesehatan 

Nah jika sudah mengetahui cara pengolahan jengkol yang benar, kalian tidak perlu lagi khawatir akan bau jengkol tersebut. Berikut ini adalah sederet manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh yang perlu kalian ketahui. 

  • Jengkol mampu mengangkat radikal bebas penyebab sel kanker 
  • Jengkol baik untuk ibu hamil dan juga janin 
  • Mencegah penyakit maag dan juga asam lambung 
  • Mencegah anemia 
  • Mengontrol tekanan darah 
  • Meningkatkan kekuatan tulang dan juga otot 
  • Menyehatkan gigi 
  • Mencegah diabetes 
  • Membantu menurunkan berat badan 
  • Mengatasi sembelit 
  • Mencegah cacat pada bayi 
  • Mengontrol kadar gula darah 
  • Mencegah penyakit kronis 
  • Meningkatkan stamina 

Beberapa manfaat di atas merupakan salah satu yang manfaat dari mengkonsumsi jengkol hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi para pecinta jengkol, namun jengkol ini juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai terutama bagi kalian yang memiliki penyakit kronis tertentu, sehingga kalian tidak perlu atau malah dilarang untuk mengkonsumsi jengkol ini apalagi dalam jumlah yang berlebih. Berikut ini adalah efek samping yang disebabkan oleh orang yang mengkonsumsi jengkol: 

3. Efek samping dari mengonsumsi jengkol 

Beberapa gejala yang dapat ditimbul bagi kalian yang tidak bisa mengkonsumsi jengkol antara lain yaitu 

  • Retensi urine (Jengkolan)
  • Kejang otot 
  • Gagal ginjal 

(Dan biasanya dialami kebanyakan oleh pria)

Hal ini dikarenakan jengkol memiliki asam yang tidak mudah larut dalam air sehingga menyebabkan gangguan pada saluran air kencing akibat menumpuknya kristal mineral tersebut. Sehingga kalian juga harus mewaspadai gejala tersebut meskipun karena tidak memiliki penyakit tersebut. Karena mengkonsumsi sesuatu hal yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan, konsumsilah minimal dua minggu sekali agar kalian terhindar dari penyakit tersebut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda