Cara menggunakan pupuk Herbafarm untuk tanaman cabe - JALUR INFORMASI

8.3.21

Cara menggunakan pupuk Herbafarm untuk tanaman cabe

Dalam menanam cabe agar hasilnya maksimal tentu kita harus menggunakan pupuk salah satunya adalah pupuk herbafarm hal ini dikarenakan untuk tanaman cabe berbeda dengan tanaman lainnya. 

Perbedaannya terlihat dari dosisnya serta teknik penggunaannya karena dalam menggunakan herbafarm ini dimulai sejak masa pembibitan pengolahan tanah dan juga pasca penanaman atau masa perawatan. Berikut ini adalah cara penggunaan pupuk herbafarm untuk tanaman cabe. 

cara menggunakan pupuk herbafarm untuk cabe

1. Tahap pemakaian pupuk herbafarm 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga berkualitas untuk kita harus membutuhkan benih yang berkualitas pula namun apabila tidak diiringi dengan perawatan serta media tanam yang baik tentu hasilnya tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengaplikasikan pupuk herbafarm pada pembibitan cabe. 

2. Tahap perendaman 

Pada tahap perendaman bibit cabe bisa menggunakan larutan herbafarm yang bertujuan untuk menghindari penularan penyakit pada bibit. Dosis yang yang bisa kalian gunakan mulai dari 5 hingga 10 ml atau 1 tutup botol kemudian tambahkan dengan 5 l air dan selanjutnya rendam selama 30 menit setelah itu kalian bisa mengeringkan bibit cabai tersebut namun jangan terkena sinar matahari secara langsung. 

3. Tahap penyemaian 

Pada tahap kedua ini dan setelah bibit cabe telah kering maka langkah selanjutnya adalah dengan menyemai dengan cara menimbun nya dengan tanah sekitar 3 cm kemudian tanah tersebut bisa langsung kalian siram dengan larutan herbafarm. Dosis yang kalian gunakan bisa dengan tiga tutup botol atau 30 ml yang ditambahkan dengan 14 liter air metode penyemaian ini bisa kalian lakukan juga dengan sprayer hingga tanah terlihat basah atau lembab. 

Tujuan penggunaan pupuk herbafarm ini bertujuan untuk menghindarkan penyemaian tadi agar terhindar dari penyakit yang berasal dari tanah dan baiknya kalian lakukan pupuk herbafarm tadi dua kali sebelum pemilihan ke lahan tanam. 

4. Persiapan lahan tanam 

Langkah ketiga yaitu dengan mengaplikasikan pupuk herbafarm dalam persiapan lahan tanam Jika pada proses pembibitan yang digunakan adalah pupuk herbafarm cair maka pada persiapan kali ini yang digunakan adalah pupuk herbafarm granul. 

Cara-caranya kalian bisa melakukan dengan dosis sekitar 15 kg untuk lahan sekitar 1 hektar ar-rahman taburi pupuk tersebut maka ditunggu hingga 1 minggu kemudian barulah proses pembibitan dimulai. Dan jika pada saat pengaplikasian pupuk granul tanah itu menjadi kering Maka segeralah siram dengan air sehingga tanah akan terlihat basah atau lembab. 

Tujuan penggunaan pupuk herbafarm granul ini adalah untuk mempersiapkan nutrisi pada bibit yang akan ditanam nantinya selain itu terdapat kandungan bioprotektan dalam kerupuk granul yang menyebabkan mencegah terjadinya penyakit menular melalui tanah. 

5. Masa perawatan tanaman 

Pada masa terakhir yaitu pemakaian pupuk herbafarm digunakan pas chat-an. Setelah penanaman selesai maka saatnya sekalian mengaplikasikan pupuk herbafarm cair kembali yang dilakukan dengan menambahkan Booster herbafarm, terdapat dua jenis bus terhebat yang baik bagi tanaman cabe yaitu Booster herbafarm hitam dan juga Ustadz herbafarm biru. Herbal penghitam berguna untuk memperbaiki jenis tanah Sedangkan untuk Booster herbafarm biru sebagai perangsang tumbuhan dan juga buah pada cabai. 

Cara pemakaiannya yaitu: 

1.  ketika memasuki 1 bulan pertama aplikasikan setiap minggu yaitu pada 7, 14, 21 dan 28 hari setelahnya dosis yang digunakan sekitar 30 ml herbafarm cair ditambah dengan 2 gram buzster hitam + 14 liter air. Kemudian larutan tersebut diaplikasikan pada lahan seluas 500 m. 

2. Pada bulan kedua kalian bisa mengaplikasikan setiap 2 minggu sekali yaitu pada 42 dan juga 56 hari setelahnya. Takarannya pun sekitar 40 ML herbafarm + 2 gram buzster biru + 14 liter air. Caranya dengan melarutkan herbafarm yang sudah dibuat dan siap digunakan dengan lahan seluas 500 meter. 

3. Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah panen pertama, langkah dan juga dosisnya sama dengan perawatan proses nomor 2. 

Teknik pemupukan yang digunakan dengan cara penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 8 pagi atau sore hari yang dimulai pukul 16.00. Tujuannya untuk menghindari stress pada tanaman. 

Nah itulah tadi cara menggunakan pupuk herbafarm pada tanaman cabe ini yang bertujuan untuk menghindari serangan dari hama dan juga penyakit pada cabe sehingga cabe tersebut menjadi tumbuh subur dan berbuah lebat jika kalian ingin menggunakannya pada skala rumahan maka kalian bisa lihat di link ini ya Cara menanam cabe rumahan menggunakan Polybag agar berbuah lebat. Nah itulah tadi sedikit infomrasi mengenai cara menggunakan pupuk herbafarm untuk tanaman cabe, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda