Cara mendapatkan 4000 Jam tayang dan 1000 subscriber secara alami - JALUR INFORMASI

1.3.21

Cara mendapatkan 4000 Jam tayang dan 1000 subscriber secara alami

Cara mendapatkan 4000 Jam tayang dan 1000 subscriber secara alami 

kali ini kita akan kembali membahas topik yang sudah cukup banyak ditanyakan kepada saya, baik dikolom komentar hingga di dm instagram, yaitu bagaimana sih cara mengejar syarat monetisasi youtube 4000 jam tayang dan juga 1000 subscriber dalam waktu 12 bulan, tentunya secara alami alias aman dan disukai oleh algoritma youtube berdasarkan pengalaman saya hingga berhasil dimonetisasi yang mungkin bisa kalian terapkan dichannel kalian tentunya.

Ok kembali lagi ketopik pembahasan, jadi sudah kita ketahui bahwa syarat utama agar youtube bisa dimonetisasi adalah dengan memenuhi 4000 jam tayang dan juga 1000 subscriber dalam waktu 12 bulan, namun syarat tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah untuk kita capai terlebih kita hanyalah youtuber pemula yang masih benar-benar awam.

Oleh karena itu saya disini mencoba untuk menjelaskan berdasarkan pengalaman pribadi saya dan saya harap informasi ini bisa membantu kalian dalam memenuhi syarat monetisasi youtube tersebut.

Cara mendapatkan 4000 Jam tayang Youtube

1.   Apa itu Syarat 4000 Jam Tayang dan 1000 Subscriber

Nah khusus bagi yang masih benar-benar awam jadi saya akan coba menjelaskan sedikit apa itu syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber, karena takutnya kalian masih belum bisa membedakan apa itu jam tayang atau watch time dengan jumlah tayang atau view. Jika dihitung dalam menit makan 4000 jam tayang itu sama dengan 240.000 menit, maka kalian harus membuat konten video yang bisa memenuhi syarat tersebut, bisa dengan durasi video yang panjang, ataupun jumlah video yang banyak.

Sebagai contoh saya memiliki konten edukasi dengan jumlah view sebanyak 1.997 view dan mendapatkan waktu tonton publik sebesar 115,6 Jam dengan durasi tonton rata-rata mencapai 3.28 detik. ini merupakan sebuah hal yang bagus untuk satu video saja.

jadi inilah yang dinamakan watch time atau jam tayang, jadi meskipun video kalian di klik oleh banyak orang namun yang dihitung oleh youtube adalah jumlah waktu tontonya, jadi bukan jumlah viewnya ya. 

Meskipun video kalian ditonton jutaan kali namun Cuma 10 detik saja ditonton orang maka hasilnya tidak akan maksimalkan? terlebih pihak youtube tidak akan merekomendasikan video kalian, jika video kalian hanya ditonton sebentar saja, sehingga kalian harus memaksimalkan konten kalian agar menarik minat para penonton bukan hanya mengklik tapi juga menonton video kalian hingga selesai,

Sehingga algoritma youtube ini akan menilai bahwa konten kalian ini memiliki nilai dan menarik bagi oranglain. Untuk tips bagaimana cara membuat konten yang baik nanti saya jelaskan di akhir video ya.

2.   Bagaimana cara mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber

Poin kedua ini merupakan poin penting dari pertanyaan-pertanyaan kalian yaitu bagaimana sih cara mencapai syarat 4000 jam tayang. Meskipun menurut kalian video kalian itu sudah bagus, buatnya susah tapi kan yang menilai itu orang lain, jadi kalian harus tau cara memaksimal channel kalian agar menarik dimata orang lain. Sehingga bisa menambah jam tayang dan juga otomatis akan menaikkan jumlah subscriber secara bertahap.

Iya tau terus bagaimana caranya min? Jadi gini bro saya jelasin sedikit, kalau kalian membuat konten itu hanya terfokus kepada monetisasi saja, maka kalian otomatis akan terdoktrin terhadap hal tersebut, apa itu gak boleh? boleh.

Asalkan tidak terlalu berambisi karena apa, 4000 jam itu bukannlah hal yang sebentar loh, jadi kalian harus tetap tenang dan fikirkan apa yang harus kalian buat? apa yang salah dan apa yang harus kalian lakukan untuk meningkatkan jumlah jam tayang pada channel kalian.

Dan ingat untuk kita sebagai youtuber pemula usahakan membuat konten dengan niche yang jelas ya, misalnya tentang cover lagu atau game, maka kalian harus fokus ke konten tersebut, agar pihak youtube lebih mudah untuk merekomendasikan konten kalian. Namun jika konten kalian sudah dikenal atau kalian sudah dimonetisasi, maka kalian boleh deh kembangkan channel kalian dengan berbagai konten didalamnya.

Jadi ingat fokus ke niche atau jenis konten kalian dulu dan usahakan buatlah sesuai pasion atau kesukaan kalian ya. Nah Jika dirasa sudah dan konten kalian memang sudah bagus dan layak, maka saran saya kalian harus melakukan beberapa cara yang sudah saya lakukan berikut ini agar channel kalian bisa berkembang dan dikenal orang.

1.       Memanfaatkan semua media sosial yang ada

Kalian wajib memanfaatkan Media sosial baik di fb, ig, twitter, wa dan lain-lain. Karena bagi youtuber pemula hal tersebut merupaka tombak utama agar channel kalian dikenal orang, bukan hanya teman, tetangga ataupun pacar saja. 

Lagian mereka juga tidak akan terus-terusan menonton channel kaliankan? jadi dengan media sosial kalian akan semakin dikenal, Kemudian kalian juga wajib bergabung dengan grup-grup besar yang nichenya sama.

Sehingga peluang konten kalian ditonton akan lebih besar. Nah Kalau saya pribadi, memang sudah lama jadi admin di beberapa grup besar, jadi saya lebih mudah untuk menarik subscriber dan juga jam tayang. Hal ini boleh kalian coba jika kalian bersungguh-sungguh untuk menjadi youtuber.

Kemudian langkah selanjutnya yng menurut saya penting adalah ketika kalian share konten kalian, jadi buatlah sinopsi atau deskripsi yang menarik dari setiap video yang ingin kalian bagikan, sehingga bisa menarik minat orang lain untuk menonton video kalian. 

Dan usahakan buatlah thumbnail atau cover video yang menarik juga dan jangan klik bait ya, terlebih jika isinya memang menarik maka secara otomatis subscriber pun ikut bertambah. Ingat kualitas konten adalah hal yang utama.

2.       Memanfaatkan Relasi dengan Teman, Keluarga hingga Pacar

      Pada poin yang kedua ini merupakan salah satu yang sangat berperan besar, kenapa? karena dengan andil dari orang-orang terdekat tentu akan mebuat kita mendapatkan feedback, apakah konten yang kita buat itu sudah bagus atau belum. Sehingga kehadiran teman ataupun keluarga pasti akan berdampak cukuip besar bagi kesuksesan channel kita. Karena selain ikut membantu share konten kita mereka juga akan memberikan masukan yang cukup penting bagi kemajuan channel tersebut. 

3.       Memaksimalkan tempat kalian bekerja/sehari-hari

Poin ketiga juga tidak kalah pentingnya nih guys, karena tempat kalian bekerja juga sangat menentukan channel kalian bisa semakin dikenal, seperti saya contohnya saya merupakan seorang guru dan mahasiswa sebelumnya.

Sehingga dari sinilah semakin memperluas jangkauan channel saya dengan cara meminta bantu dari anak didik agar membantu mempromosikan channel saya, dan hal ini harus kalian lakukan juga ya. Pokoknya kalian jangan malu dan tetaplah berusaha agar usaha kalian ini bisa maksimal nantinya.

4.       Sering-sering berkunjung ke Channel/ blog orang lain

Poin keempat kalian harus rajin-rajin berselancar ke berbagai grup, postingan hingga blog orang lain. Tujuannya adaslah mempromosikan channel kalian, dan jika beruntung maka kalian akan mendapatkannya dari sana. 

Jika kalian bisa coding maka saran saya buatlah blog pribadi sehingga mempermudah kalian untuk mempromosikan channel youtube kalian. Saya sendiri mendapatkan 10 persen kunjungan youtube berdasarkan jumlah trafik dari blog.

Lumayan kan, Namun jika kalian belum bisa membuat blog , cukup dengan berkomentar di blog ataupun grup yang sekirannya ramai dan usahakan buatlah kesan yang baik di blog atau grup tersebut.

5.       Luangkan waktu untuk menganalisa dan memperbaiki channel

Nah jika sudah melalui beberapa poin tadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan menganalisa channel kalian, tujuannya adalah untuk mengetahui apa sih yang menarik dari chanel kalian, jumlah video mana yang paling banyak ditonton dan mendapatkan banyak komentar. 

Kalian bisa cek di yotube studio dibagian statistik ya. Nah jika sudah ketemu maka kalian bisa membuatkan bagian-bagian selanjutnya dari video sebelumnya agar penonton yang sebelumnya sudah menonton mau kembali ke channel kalian. Ndan biasakan membalas komentar yang ada.

Selain itu kalian juga harus rutin upload video, gak harus tiap hari sih, tapi usahakan dalam 1 minggu itu ada 1 video baru sehingga selain channel kalian terlihat aktif algoritma youtube juga akan merekomendasikan channel kalian jika kalian terlihat aktif. Sehingga channel kalian bisa berkembang dan tentunya akan lebih mudah mencapai syarat monetisasi tersebut.

3.   Tips dan trick agar Lolos monetisasi

Nah dibagian terakhir ini kalian harus terapkan di channel kalian karena apa? Karena saya jika nantinya kalian sudah memenuhi syarat monetisasi namun kalian gagal karena ada sedikit masalah di channel kalian. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari dan di terapkan di channel kalian agar lolos monetisasi.

1.       Buat konten Original yang berbeda

Jadi agar mudah untuk lolos monetisasi kalia wajib membuat konten video semenarik mungkin, tujuannya agar berbeda sehingga kalian memiliki identitas dan tentunya bisa mendapatkan banyak viewers dan juga subscriber. 

Dan Jika kalian jago dalam videografi dan juga editing, maka kalian harus maksimalkan kemampuan tersebut. Dan yang paling penting adalah ide dan konsep dari isi video tersebut sehingga memiliki nilai lebih dan unik dibanding yang lain. 

Saran saya buatlah jenis channel yang banyak dicari orang lain seperti tutorial, edukasi, informasi dan lain-lain yang sekiranya banyak dicari orang di youtube, namun tentunya konten seperti ini banyak saingannya ya.

2.       Hindari copyright

Kemudian tips selanjutnya adalah menghindari copyright. Pokoknya kalian sebisa mungkin harus menghindarinya ya , karena youtube tidak senang dengan channel yang bermasalah. 

Sehingga lebih baik kalian menghindari copyright baik dari lagu, gambar hingga cuplikan video, nah bagi kalian yang belum tau cara menghindari copyright dapat dilihat dilink pojok kanan atau saya taruh di deskripsi ya 

3.       Perhatikan Kualitas bukan jumlah atau Jam Video

Berkali-kali saya sudah singgung kualitas konten merupakan hal yang penting, karena dari situlah penonton akan berinteraksi dengan kalian selaku kreator. 

Maka usahakanlah memperhatikan kualitas konten, jika dirasa video kalian hanya membutuhkan waktu 8 menit maka cukup 8 menit saja jangan kalian ulur-ulur sehingga penonton menjadi jenuh dan meninggalkan channel kalian tanpa kesan menyenangkan.

4.       Jangan membeli Jam Tayang, menggunakan aplikasi instan dll

poin terkahir ini sangat penting jika kalian ingin cepat lolos monetisasi youtube. Karena jika dirasa trafik kalian tidak alami alias bot maka pihak youtube akan mendeteksinya sebagai spam sehingga sangat berbahay bagi channel kalian sendiri. Sehingga usahakan lah membuat channel tersebut agar tanpak alami pertumbuhannya dengan berbagai macam cara yang sudah saya lakukan diatas.

Nah mungkin sampai disini dulu pembahasan mengenai cara menambah jam tayang youtube secara alami agar bisa dimonetisasi oleh pihak youtube berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika ada pertanyaan dan saran dapat kalian sampaikan dikolom komentar ya, dan jika kalian suka dengan artikel ini bantu di share ya agar bermanfaat juga bagi orang lain, saya delta sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda