Cara Membuat Soal Online dengan Google Form langsung dikoreksi otomatis - JALUR INFORMASI

16.3.21

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form langsung dikoreksi otomatis

Mau tau bagaimana cara membuat soal online namun tetap menjaga siswa agar tidak mencontek? Bisa juga melalui Smartphone?. Jawabanya bisa kok ini dia Tipsnya. 


cara membuat ujian online

JALURINFO.IDSemenjak merebaknya pandemi covid 19 ini, banyak sekolah yang diliburkan dan mengganti metode pembelajaran melalui media daring secara online sehingga kita sebagai guru harus tetap menyesuaikan dengan keadaan tersebut. Hal ini dikarenakan pembelajaran via daring ini tentu memiliki kesulitan tersendiri salah satunya adalah mengkondisikan agar bagaimana cara siswa tidak mencontek. 

Jawabannya adalah menggunakan Google form atau Google formulir, yang dapat digunakan oleh kita sebagai pendidik dalam membuat soal-soal secara online dengan mudah dan langsung dikoreksi saat itu juga. Selain itu fungsinya adalah agar siswa tidak dapat mencontek meskipun mereka tidak diawasi secara langsung. 

Makin penasaran kan Bagaimana cara untuk membuatnya, berikut ini adalah cara membuat soal online yang mudah dan dapat mencegah siswa untuk mencontek melalui Google form. 

Tahap pembuatan soal 

Dalam tahap pertama ini kalian sebagai guru harus sudah menyiapkan laptop ataupun smartphone dengan koneksi yang cukup baik, kemudian bukalah Google Search kemudian ketikkan Google formulir. 

Setelah itu pilihlah google formulir tersebut dan bisa langsung login di Google formulir tersebut dan pastikan kalian sudah memiliki email ya. Setelah terbuka maka ada dua pilihan yaitu personal ataupun bisnis, maka Pilihlah yang personal atau akun pribadi. 

Berikut adalah contoh membuat soal online menggunakan google formulir:

1. Ketikan di menu Pencarian tulisan Google Formulir.

cara membuat soal online
2. Setelah kalian berhasil maka langkah selanjutnya  adalah login, dan pastikan telah memiliki aku Gmail ya.

cara membuat soal online
3. Pilihlah yang namanya Pribadi, kemudian kalian akan diarahkan ke menu seperti dibawah ini.

cara membuat soal online

4. Setelah berhasil, maka kalian sudah siap untuk membuat soal-soal ataupun ujian secara online, untuk itu maka kalian bisa buat di menu baru dengan klik ikon + atau tulisan kosong.

cara membuat soal online

5. Setelah berhasil maka tampilannya akan seperti gambar diatas, dan isikan sesuai dengan format soal kalian ya. sebagai contoh sesuai dengan gambar diatas.

cara membuat soal online

6. Kemudian buatlah nama-nama Siswa sebagai absen kalian, agar nantinya hanya merekalah yang bisa login ke soal-soal dari google form tersebut. berikut ini adalah contohnya.

cara membuat soal online

2.Setelah kalian mengisi judul dan juga absen siswa maka langkah selanjutnya kalian harus membuat password agar yang bisa login ke ke Google Form tersebut hanyalah siswa kalian, berikut ini adalah caranya. 

cara membuat soal online

3. Setelah kalian selesai membuat password dan juga kata sandi maka kalian bisa mengikuti langkah berikut ini. oh iya jangan lupa tanda wajib di isinya dinyalakan ya.


4. Jika sudah maka isilah judul sesuai dengan soal kalian kemudian sekarang Buatlah pertanyaan yang telah kalian siapkan dan tulis di kolom yang telah disediakan, dengan cara klik dimenu garis 2 yang paling bawah dari ikon +.

5. Jika soal-soal berhasil kalian buat makalah selanjutnya yaitu Bagaimana caranya agar soal tersebut bisa auto correct dan menghindari agar siswa tersebut tidak mencontek, maka kalian bisa mengikuti beberapa pengaturan berikut ini, sesuai dengan gambar yang sudah ditampilkan. 


6. Menu tersebut terletak di menu bagian paling atas yang bentuknya berupa gear ya,disitu kalian tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan di gambar.

7. Oh iya jangan lupa semua soal di ubah skornya sesuai dengan nilai kalian, selain itu pilihlah jawaban yang benar dengan cara klik pilihan jawaban hingga berwarna hijau. kemudian tinggal kalian klik simpan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


8. Setelah selesai maka langkah selanjutnya kalian bisa langsung meng-share ke siswa kalian sehingga soal-soal dapat langsung dikerjakan secara online tanpa khawatir mereka akan mencontek dan Kalian juga tidak perlu repot-repot menilainya satu persatu. 

9. Cara mengirimnya yaitu dengan klik tulisan kirim di pojok kanan, kemudian gak bisa langsung mengklik icon Rantai yang tengah dan Kalian juga bisa memperpendek url nya kemudian tinggal klik tombol salin dan sera ke beberapa media seperti WhatsApp maupun telegram ataupun grup kelas. Berikut ini adalah coontohnya.

cara membuat soal online melalui hp

Gimana mudahkan dan jika masih mengalami kendala ataupun bingung dalam membuat soal online tersebut maka dapat langsung kalian sampaikan di kolom komentar ya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda