Cara membuat Sambal agar awet hingga 3 bulan - JALUR INFORMASI

9.3.21

Cara membuat Sambal agar awet hingga 3 bulan

Jalurinfo.idKabar baik bagi kalian yang hobi dengan namanya sambel. Hal ini dikarenakan, tak nikmat rasanya jika makan tanpa menggunakan sambel. Dari pada kalian harus  membelinya atau membuang sisa dari sambel tersebut, lebih baik lakukanlah beberapa hal berikut ini, terutama ketika harga cabaik yang sedang mahal-mahalnya, sayangkan, hehe.

karena kali ini kita akan berbagi tips, bagaimana cara membuat sambal agar bisa tahan lama, yang tentunya  mudah dan dapat kalian Praktekkan sendiri, bahkan sambal tersebut bisa bertahan hingga 3 bulan lho. Berikut ini adalah tahapan pembuatannya. 

cara membuat sambal yang benar dan awet

1. Siapkan bahan dan juga alat yang bersih 

Dalam tahap pertama ini kita harus mempersiapkan bahan bakunya terlebih dahulu terutama peralatan untuk memasak sambal tersebut. Usahakan peralatan tersebut jangan sampai kotor dan juga terdapat sisa kotoran yang menempel karena hal tersebut dapat mengkontaminasi dan mengakibatkan sambal menjadi cepat basi. 

2. Sangrai atau goreng lah bahan sambal terlebih dahulu 

Sebelum membuat sambal yang tahan lama ini, kalian harus meng sangrai atau menggoreng bahan baku tersebut seperti cabai, tomat, bawang dan lain-lain. Jika sudah maka kalian bisa menghaluskan bahan-bahan tersebut. Proses penggorengan atau penyangraian ini dilakukan karena akan membuat sambal ini menjadi lebih awet dan tidak berbau Langu. 

3. Tumis sambal sampai keluar minyak 

Jika bahan sambal sudah dihaluskan maka langkah selanjutnya adalah kalian bisa menumis sampai bahan-bahan mengeluarkan minyak proses penulisan ini sendiri membutuhkan waktu sekitar 7 Hingga 10 menit dengan menggunakan api yang kecil. 

4. Pastikan sambal benar-benar 

Proses ini terbilang sangat penting karena sambal yang kurang matang akan membuatnya menjadi cepat basi. Ciri-ciri yang sudah matang adalah minyaknya sudah keluar dan terpisah dari bahan baku selain itu terjadilah perubahan perubahan dan juga aroma dari sambal tersebut. 

5. Diamkan sampai suhu sambal menurun 

Jika kalian sudah memasak sambal tersebut benar-benar maka langkah selanjutnya kalian bisa memindahkannya ke wadah yang berisi seperti mangkuk ataupun piring dan jangan kalian Biarkan di dalam wajan atau penggorengan tersebut. Hal ini dikarenakan panas pada wajan dapat membuat sambal ini terlampau matang, setelah itu diamkan beberapa saat sambal tersebut di wadah yang kalian pindahkan tadi sehingga suhunya akan turun menjadi suhu ruangan. 

6. Siapkanlah wadah sambal dan juga sendok yang bersih 

Setelah suhu sambal menurun dan menyesuaikan dengan suhu ruangan maka langkah selanjutnya kalian bisa menyiapkan wadah sambal yang memiliki tutup rapat dan juga sendok yang bersih jika perlu sterilkan dulu wadah tersebut dengan air panas dan lap sampai kering. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar tambal tersebut tidak ada kontaminasi yang membuatnya menjadi cepat basi dan hindarilah mengambil sambal dengan sendok bekas pakai, termasuk manuk sambal saat dimasak. 

7. Simpan sambal di kulkas atau freezer 

Proses terakhir adalah dengan menutup rapat-rapat sambal tersebut agar tidak ada lagi udara yang masuk kemudian kalian bisa meletakkannya di kulkas ataupun priser sehingga sambal tersebut bisa bertahan lama bahkan Sambal ini diklaim bisa bertahan hingga 3 bulan Jika disimpan dalam suhu yang beku. 

Nah itulah tadi Bagaimana tips atau cara membuat sambal yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan bagi kalian yang menyukai makan makanan tentu hal ini merupakan salah satu kabar yang menyenangkan terutama jika saat Cabe mahal maka kalian bisa menyetop sambal tersebut hingga berbulan-bulan semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda