Inilah Beberapa tips agar Skripsi cepat selesai - JALUR INFORMASI

9.3.21

Inilah Beberapa tips agar Skripsi cepat selesai

Jalurinfo.idSiapa di sini yang merupakan mahasiswa tingkat akhir? tentunya bagi mahasiswa semester akhir, sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya skripsi. pasti dong, sebagai salah satu syarat wajib yang harus dilalui oleh mahasiswa agar mendapatkan gelar Sarjana. Tentunya kita harus menyelesaikan skripsi tersebut. 

Bagi kalian yang datang ke kampus hanya membawa masalah yang tak berkesudahan tersebut, Coba deh ikuti beberapa tips berikut ini, agar masalah tersebut bisa cepat terselesaikan. 

Ya meskipun sudah ada bimbingan mengenai cara cara dalam pembuatan skripsi ini, namun masih saja banyak yang bingung, hingga tidak tahu apa yang harus ditulis, sehingga membuat mereka menjadi lama dan terkendala dalam proses pembuatan skripsi ini. 

Oleh Karena itu di sini dijelaskan menjelaskan beberapa cara dan juga gambaran dalam membuat skripsi agar cepat selesai, Maka dari itu simak terus penjelasannya di artikel berikut ini. 

cara jepat agar skripsi cepat selesai

Langkah-langkah membuat skripsi 

Bagi kalian yang baru saja memulai untuk membuat skripsi lakukanlah beberapa hal ini karena ini merupakan faktor penentu bagi cepat atau tidaknya kalian lulus selain dari dosen tentunya. 

1. Menentukan judul dan juga topik skripsi 


Langkah pertama yaitu kalian harus jauh-jauh setelah menentukan judul dan juga topik yang akan kalian angkat dalam skripsi kalian. Hal ini dilakukan karena kalian sudah bisa mencari sumber-sumber dan juga pokok bahasan mengenai penelitian kalian tersebut sehingga kajian dalam pembahasan tersebut akan menjadi lebih tajam dan akurat. 

Untuk mengetahui bagaimana Panduan atau cara penulisan skripsi yang benar agar kalian bisa Klik link ini ya Panduan umum dalam penulisan Skripsi yang berlaku.

Kembali lagi ke pembahasannya, selain memilih topik yang kalian sukai tentu hal tersebut akan mempermudah kalian dalam proses penulisan skripsi jika tidak ditentukan oleh dosen tentunya namun pada umumnya skripsi itu adalah karya ilmiah pertama kita sehingga hal tersebut merupakan kewenangan kita untuk membuat dan menentukan temanya. 

Jadi peran dosen di sini adalah untuk membimbing kita dalam penyelesaian skripsi tersebut sehingga hasilnya dapat memuaskan dan juga diakui oleh universitas. Dan referensi yang bisa kalian ambil maka kalian bisa mencari isu-isu yang sedang trend di kalangan masyarakat

atau Kalian juga bisa langsung terjun ke masyarakat untuk mencari data dan juga sumber-sumber yang relevan dengan topik bahasan kalian. Sehingga hal tersebut akan mempermudah dan mempercepat kalian dalam menyelesaikan skripsi tersebut. 

Pertimbangkan juga beberapa hal berikut ini:

yang pertama Apakah topik yang kalian angkat ini memungkinkan kan? 

Apakah Sumber data mudah untuk didapat? 

Apakah pengambilan data Kamu akan membutuhkan waktu dan juga dana yang lebih? 

2. Pilihlah dosen pembimbing yang menguasai topik penelitian 


Salah satu poin penting dari cepat atau tidaknya kalian lulus adalah dari faktor dosen semakin baik dosen belum tentu semakin cepat lulus namun sudah Pasti kalian akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Jangan kalian menyukai dosen tersebut tentu kalian akan mendapatkan kelancaran dalam membuat skripsi, 

dan perlu diketahui meskipun statusnya dosen tidak semua dosen mampu menguasai mata kuliah yang diajarkan kan contohnya ada dosen yang menguasai ilmu kualitatif dan ada pula yang dosen yang menguasai kuantitatif. Itu pengertiannya kalian bisa lihat di link ini. 

Sehingga hal ini ini menjadi bahan pertimbangan mu dalam menyelesaikan skripsi terutama ketika kalian mengalami kendala, sehingga jangan hanya memilih dosen yang menurut kalian baik tapi Pilihlah dosen yang mampu menguasai materi yang ingin kalian teliti tersebut. 

Membuat kerangka penelitian 

Dalam membuat kerangka penelitian perguruan tinggi memiliki standar yang berbeda-beda yang mana Hal ini dapat kalian temukan pada buku panduan fakultas yang ada di Universitas kalian, namun pada umumnya kerangka penelitian itu bentuknya sebagai berikut: 

Cover judul topik penelitian 


Daftar isi 

Bab 1 pendahuluan 

Bab 2 teoritis 

Bab 3 metode penelitian 

Bab 4 temuan dan juga pembahasan 

Bab 5 kesimpulan 

Dan dari isi setiap bab tersebut biasanya mencakup latar belakang penelitian, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat dan kegunaan penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan. 

Dalam penulisannya ini jika di bab 1 adalah untuk melengkapi poin-poin yang baru saja disebutkan dan berlandaskan dengan topik dan juga teori-teori yang bisa kamu gunakan pada penelitian tersebut. 

Dan biasanya dalam satu skripsi akan diminta untuk menggunakan satu hingga dua teori yang saling berhubungan dalam topik pembahasan yang mulai berkaitan dari bab 1 hingga dengan bab 5. 

Tidak hanya sampai teori saja kalian juga akan diminta untuk menggunakan sumber-sumber mulai dari jurnal, internet dan berbagai macam karya ilmiah terdahulu yang relevan dengan topik pembahasan skripsi.

Dan sedikit tips bagi kalian yang menggunakan 

bab 1 kutipannya berasal dari internet maka bab 2 kamu harus benar-benar atau Perbanyaklah sumber resmi seperti dari buku, aku jurnal hingga karya ilmiah. 

Untuk bab 3, kalian harus menjelaskan rincian mengenai apa dan bagaimana kalian melakukan pengumpulan data dan juga penelitian seperti alat-alat yang digunakan, metode penelitian hingga analisis data. 

Untuk bab 4, kalian akan kan an menjelaskan secara mendalam mengenai hasil temuan dan juga pembahasan yang sudah kalian teliti sebelumnya. Sehingga biasanya pada babak ini akan menjadi lebih tebal jadi bab sebelumnya. 

Untuk bab 5, kalian hanya perlu memberikan kesimpulan dan juga saran dari hasil penelitian yang sudah kalian lakukan. 

3. Tips Agar Cepat Selesai


Buatlah progres 

Hal ini merupakan langkah penting bagi kalian yang ingin menyelesaikan skripsi dengan cepat kalian bisa meluangkan waktu tiga hingga empat jam setiap hari sehingga skripsi kalian ini akan cepat selesai entah itu untuk menulis, membaca sumber, menyebarkan kuesioner dan lain-lain. 

Cara ini merupakan langkah penting agar skripsi kalian cepat selesai karena percuma jika kalian telah memiliki sumber dan berbagai faktor pendukung lain namun kalian tidak memiliki progres tentu hal tersebut tidak akan tercapai. 

Aktif berkonsultasi 

Di sini peran dosen sangatlah besar bagi cepat atau tidaknya kalian lulus hal ini dikarenakan dosen itu memiliki berbagai macam alasan dan juga kesibukan sehingga kalian sulit untuk menemuinya. 

Tentu saja disini kalian harus memiliki inisiatif dengan meluangkan waktu paling tidak dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk bertemu dengan beliau, meskipun kalian sulit untuk menemuinya. 

Hindarilah membuang waktu yang tidak penting 

Dalam proses penyelesaian skripsi tentu kita dituntut untuk disiplin dan juga penuh dengan tanggung jawab terutama bagi kalian yang hobinya main tentu hal tersebut akan terasa sulit. 

Sehingga kalian di sini jangan sampai berleha-leha untuk buang waktu dan juga tenaga dalam melakukan hal yang tidak penting. Maka dari itu Kalian harus tetap berfokus untuk segera menyelesaikan skripsi tersebut.

Nah itulah tadi sedikit Nah itulah tadi sedikit gambaran mengenai langkah-langkah juga beberapa tips deskripsi kalian cepat selesai dan jangan lupa berdoa dan meminta dukungan dari orang terdekat.

semoga informasi ini bisa memotivasi kalian sehingga kalian bisa cepat lulus karena banyak hal penting yang bisa kalian lakukan nantinya jadi jangan sia-siakan untuk bersantai-santai.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda