Asal usul Nama Jakabaring Palembang - JALUR INFORMASI

1.3.21

Asal usul Nama Jakabaring Palembang


Asal usul Nama Jakabaring Palembang


JALURINFO.ID-Halo Wong Palembang, Apa kabar semoga selalu sehat dan banyak rezekinyo amin, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu wilayah yang ada di Kota Tertua di indonesia ini, jika belum tau coba baca dulu sejarahnya disini ya Sejarah kota Palembang sebagai kota Tertua di Indonesia. 
Namun kali ini kita tidak membahas kota yang terkenal dengan Pempeknya ini. Melainkan kita akan membahas mengenai salah satu wilayah yang sudah tidak asing bagi masyarakat Palembang, wilayah tersebut Bernama Jakabaring. Jakabaring ini merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Palembang.
Penamaan Jakabaring ini sering disalah artikan oleh sebagian masyarakat karena ketidaktahuan mereka akan asal-usul sejarahnya, nah untuk itu admin disini akan sedikit membahas asal usul dari nama Jakabaring tersebut. 

Asal usul jakabaring

Mungkin bagi orang Palembang nama Jakabaring ini sudah tidak asing lagi terdengar di ditelinga, Karena sebagai salah satu daerah yang ada di kota Palembang sumatera Selatan ini, tentu membuat Jakabaring sangatlah dikenal.

Terlebih lagi di Jakabaring ini terdapat yang namanya Jakabaring Sport City dan disana juga terdapat Stadion Jakabaring dan juga beberapa tempat wisata menarik lainnya. 

Namun dibalik nama Jakabaring itu ternyata memiliki kisah yang tidak banyak diketahui oleh orang, penasarankan bagaimana sih asal-usul dari nama Jakabaring tersebut? simak terus penjelasan berikut ini.

BACA JUGA: Kebenaran sejarah Pempek palembang

1. Awal Penamaan Jakabaring

Sebenarnya nama Jakabaring ini sudah sangat akrab di telinga masyarakat bahkan bagi orang-orang seperti nama Jaka terdengar seperti nama tokoh yaitu Jaka Tarub, Jaka Tingkir hingga Jaka Sembung. Namun bedanya penamaan Jakabaring ini tidak pernah ada atau tokoh atau sosoknya.

Dan hanya merupakan kan sebuah lokasi yang ada di kota Palembang dan saat ini kita kenal dengan nama Jakabaring. Awalnya di wilayah Jakabaring ini hanya terdapat dua Kecamatan saja yaitu Seberang Ulu 1 dan juga Seberang Ulu 2.  

Seperti yang dilansir dari kompas.com ketika mewawancarai salah satu sosok yang bernama Rusli Nawi dia mengatakan bawa penamaan Jakabaring ini bukanlah nama sosok seorang tokoh berbeda dengan persepsi kebanyakan masyarakat.

BACA JUGA: Nasi Minyak Palembang dan cara membuatnya

2. Apa arti Jakabaring

Kemudian jika bukan nama sosok ataupun tokoh lalu Mengapa memilih nama Jakabaring? dan Apa sih arti dari nama Jakabaring tersebut ?

Ternyata kata-kata kepaling ini merupakan singkatan dari beberapa suku yang ada di wilayah tersebut tepatnya ada 4 suku yaitu suku Ja yang artinya Jawa, ka yang artinya Kaba yaitu sebutan atau julukan bagi orang Semendo, kemudian Ba yang artinya Batak dan kemudian ring yang artinya Komering.

Dan berdasarkan ke-4 tersebut kemudian dijadikan lah singkatan ya itu yang namanya Jakabaring hal tersebut diambil karena keempat tadi merupakan penduduk yang paling banyak tinggal di wilayah tersebut. 

Tak hanya sampai disitu saja ke-4 suku tersebut juga paling sering atau terkenal sering membuat ulah atau kriminal.

3. Perkembangan Wilayah Jakabaring

Sudah kita ketahui sebagian wilayah yang ada di kota Palembang ini kan dahulunya merupakan wilayah rawa wa dan terus mengalami perubahan Seiring dengan berjalannya waktu, termasuk Jakabaring. 

Dahulu Jakabaring merupakan wilayah dengan rawa yang cukup luas dan masih banyak yang mencari ikan di wilayah tersebut.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan setelah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat jakabaring saat ini menjadi wilayah yang yang lebih tertata dengan banyaknya pembangunan objek wisata.

Sehingga membuat Jakabaring ini tidak hanya dikenal di Palembang ataupun nasional saja bahkan hingga dikenal di kalangan internasional, hingga sukses menyelenggarakan Asian Games pada 2018 yang lalu.

BACA JUGA: Wisata Baru Danau Shuji yang Viral di Medsos

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai sejarah dan juga asal usul dari penamaan Jakabaring semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian, jangan lupa share artikel ini agar informasi ini bisa bermanfaat juga bagi orang lain. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda