Apa itu Ghosting dan cara menyikapinya - JALUR INFORMASI

10.3.21

Apa itu Ghosting dan cara menyikapinya

Inilah alasan mengapa kalian harus bersyukur dijauhkan dari orang dengan "Toxic Ghosting"


Jalurinfo.id-Saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh netizen di berbagai platform media sosial mengenai istilah "ghosting" sebenarnya apa sih ghosting itu?  ternyata istilah ghosting adalah suatu sikap atau perilaku yang dilakukan seseorang untuk menjauh secara tiba-tiba dan menghilang dari kehidupan seseorang tanpa mengirim kabar sama sekali. 

Hal ini dilakukan oleh seseorang untuk menjauh dari suatu hubungan, hal ini dipilih karena dianggap lebih cepat dan juga mudah namun tentu saja hal ini akan berdampak bagi orang yang ditinggal dan merugikan si korban ghosting tersebut. Karena bagi korban Ghosting ini mereka tentu akan bertanya-tanya mengenai Sebenarnya apa yang terjadi tiba-tiba seorang yang dekat dengan hidup nya menghilang secara mendadak, bisa saja ia bertanya-tanya apa yang salah dengan dirinya. 

pengertian ghosting dan cara menyikapinya

Lalu sebenarnya apa sih Alasan seseorang melakukan ghosting 

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang bisa saja melakukan Ghosting, namun hal tersebut sangat terpengaruh dari sikap dan juga perilaku individu seseorang tersebut sehingga kita harus mengklasifikasikan terlebih dahulu jenis dari kepribadian individu tersebut. Contohnya seperti ada individu yang suka memang menghindar entah itu untuk menghindari masalah atau mencari aman. Kemudian ada juga tipe kepribadian yang enggan untuk menjadi sangat dekat dengan orang lain hal ini dikarenakan ia masih memiliki rasa percaya diri yang rendah atau belum sepenuhnya mempercayai orang tersebut, sehingga ia pun melakukan hal tersebut untuk mulai menghindari komunikasi. 

Bagaimana seharusnya kita menyikapi fenomena ghosting ini? 

Kita seharusnya tidak usah terlalu memikirkan hal-hal menurut kalian tidak perlu di pikirkan terlalu mendalam karena hal tersebut belum tentu baik buat kalian. Karena Sesuatu yang benar-benar layak untuk kalian maka mereka tidak akan pernah pergi ataupun meninggalkan kalian secara tiba-tiba. Berikut ini adalah cara untuk menyikapi ghosting. 

1. Jangan menghubungi 

Bagi kalian yang nekat untuk tetap mencari atau menghubungi orang yang yang melakukan ghosting tersebut biasanya akan mengalami hal yang sia-sia, contohnya mereka tidak akan membalas pesan kalian dan akan menyebabkan keadaan semakin memburuk terlebih bagi kalian yang tipenya pemikir tentu hal tersebut akan menjadi beban tersendiri bagi kalian. Jadi jangan deh kalian kejar orang yang suka menghilang tiba-tiba sudah pasti dia memiliki problem tersendiri di dalam dirinya. 

Lebih baik kalian lakukan aktivitas yang bermanfaat mana hal tersebut akan baik bagi kalian karena akan menemukan hal baru serta siapa tahu kalian akan bertemu dengan orang yang layak dan mampu untuk mengimbangi kalian jadi jangan pernah anggap diri kalian rendah jika kalian tiba-tiba ditinggal tanpa kabar. 

2. Hindari curhat di media sosial 

Bagi kalian yang suka bermain-main instagram Facebook dan Twitter jangan pernah kalian curhat isi hati kalian di media sosial tersebut terutama mengenai ghosting ini, karena hal tersebut akan membuat kalian terlihat menyedihkan dan seolah-olah perhatian karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi orang yang melakukan tindakan ghosting tersebut. 

3. Jangan menyalahkan atau merasa rendah diri 

Pastinya Kebanyakan orang yang mengalami perilakuan ghosting ini pernah bertanya-tanya adakah yang salah atau Apa penyebab ia ditinggal tiba-tiba apa kabar oleh seseorang, tentunya kalian boleh melakukan hal tersebut namun jangan sampai berlebihan dan menyalahkan diri sendiri terutama bagi kalian yang tidak melakukan kesalahan apapun. Sudah pasti hal tersebut sengaja dilakukan oleh orang yang meninggalkan kalian tersebut oleh karena itu jangan terlalu kalian pikirkan mengenai ghosting ini. 

4. Jangan kembali bersama 

Tidak menutup kemungkinan orang yang pernah meninggalkan kalian akan terlihat kembali terutama di media sosial, bahkan bisa jadi Sikap mereka akan jauh lebih baik kepada kalian, hal tersebut tentu bisa saja terjadi oleh berbagai macam faktor dari individu ataupun lingkungannya, namun menurut ahli jika seorang yang sering melakukan hal tersebut lebih baik dihindari karena mereka adalah tipe orang yang suka menghindar dan tidak ingin atau tidak bisa untuk diajak serius terutama bagi kalian yang ingin menjadikan orang tersebut sebagai pasangan kalian. 

5. Jangan membalas 

Meskipun kalian memang tidak bisa menjauhi orang tersebut dan kalian kembali bersama namun Kalian harus tetap berhati-hati dan tidak perlu membalas sikapnya tersebut. Hal ini karena kalian akan menjadi orang yang sama saja dengan orang yang melakukan perilaku ghosting tersebut. Oleh karena itu bersikaplah netral dan tanyakan apa yang menyebabkan iya pergi secara tiba-tiba jika jawabannya logis ataupun dapat kalian mengerti maka keputusan ada di tangan kalian. An 

6. Menjadikan pengalaman 

Perilaku Ghosting merupakan salah satu perilaku yang buruk dan akan berdampak kepada psikologis seseorang baik yang melakukan maupun yang menjadi korban. Sehingga kalian harus menjadikan hal ini sebagai pengalaman entah itu untuk diri sendiri maupun orang lain sehingga kalian bisa menyikapinya secara dewasa.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai fenomena ghosting yang sedang viral saat ini, jika ada seseorang yang melakukan hal tersebut terhadap kalian maka kalian bisa melakukan beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, ingat jangan pernah terlalu memikirkan hal tersebut karena yang terbaik bagi kalian tidak akan pernah meninggalkan kalian Apapun Yang Terjadi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda