7 Manfaat Brotowali bagi kesehatan - JALUR INFORMASI

3.3.21

7 Manfaat Brotowali bagi kesehatan

SEMAKIN PAHIT MAKA AKAN SEMAKIN BAIK, INILAH BROTOWALI TUMBUHAN DENGAN SEJUTAN MANFAAT.


Jalurinfo.id-Sejak lama kita tau Brotowali sudah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, dan dibalik rasanya yang pahit tersebut dipercaya brotowali ampuh untuk  mengatasi penyakit seperti demam, trikoma masalah kulit, hingga penyakit diabetes. 

7 manfaat Brotowali bagi kesehatan

Tanaman yang memiliki nama Latin "Tinospora Cordifolia" ini hidup dengan bentuk semua yang merambat tanaman ini dapat dikenali dari bentuknya yang memiliki tonjolan tonjolan di setiap sisinya nya. 

Tak hanya bagian akarnya saja bagian dan brotowali ini juga memiliki khasiat tersendiri yang telah sejak lama digunakan sebagai obat herbal alami bahkan sudah digunakan oleh nenek moyang kita baik dari Indonesia hingga di India. Berikut ini adalah 7 manfaat dari tanaman brotowali bagi kesehatan :

1. Menurunkan kadar gula darah 

Manfaat brotowali yang pertama yang sudah dipercaya sejak lama adalah bisa menurunkan kadar gula darah hal ini juga telah didukung Berdasarkan riset yang telah dilakukan bahwa tanaman brotowali ini mampu memperbaiki hormon insulin serta dapat mencegah terjadinya resistensi insulin tersebut . 

Sehingga dapat menyebabkan kadar gula ini tetap terjaga meskipun tanaman brotowali ini dapat mengobati penyakit diabetes secara alami namun terdapat efek samping bagi para penggunanya seperti penyakit hati dan juga hipoglikemia terutama jika digunakan berlebih dan dibarengi dengan obat-obatan dokter khususnya yang kimia. 

2. Mencegah gejala alergi 

Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit alergi ternyata brotowali juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit tersebut seperti pilek, batuk, ingat gatal-gatal yang umumnya bagi mereka yang sensitif karena penyakit seperti alergi ini hanya bisa dicegah dan belum belum ditemukan obatnya.

Penyakit yang mampu benar-benar bukannya cara untuk menggunakan brotowali ini dapat kalian rebus kemudian digunakan untuk mandi ataupun digunakan untuk minum airnya selama beberapa hari hingga alergi tersebut mereda tapi kalian harus tahan dengan rasa pahit dari brotowali tersebut. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

manfaat selanjutnya dari brotowali ini adalah untuk meningkatkan imun tubuh karena terdapat kandungan dari antioksidan yang tinggi beberapa manfaat lainnya tentu brotowali ini ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menjalani pola hidup sehat dan mengkonsumsi berbagai macam makanan bergizi salah satunya adalah dengan mengkonsumsi brotowali secara teratur hingga mendapat meningkatkan daya tahan tubuh 

4. Membasmi bakteri dan jamur penyebab infeksi 

Manfaat brotowali ini memiliki zat kimia yang anti terhadap bakteri dan juga jamur hal ini telah dibuktikan melalui tes laboratorium dan menunjukkan bahwa ekstrak dari brotowali ini ternyata mampu untuk membunuh dan juga mencegah pertumbuhan dari berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan juga jamur meskipun belum banyak yang setuju akan hal tersebut. 

5. Mendukung kesehatan dan fungsi hati 

Brotowali dipercaya mampu untuk memelihara kesehatan dan juga fungsi hati hal ini tentu saja berkaitan dengan kandungan zat antioksidan dan juga antiradang yang terdapat di dalam tumbuhan herbal yang satu ini namun 

Dalam penggunaannya brotowali ini disarankan hanya untuk orang yang memiliki kesehatan yang baik terutama bagi para penderita penyakit hati atau gangguan fungsi hati oleh karena itu sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat herbal yang satu ini. 

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker 

Brotowali ternyata memiliki kemampuan untuk menghambat dari pertumbuhan sel-sel namun sayangnya hal ini belum juga dapat dipastikan secara medis bahwa brotowali ini memang aman digunakan sebagai obat antikanker namun hal ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat bahwa brotowali ini memang mampu untuk menyembuhkan penyakit tersebut. 

7. Berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang 

Manfaat selanjutnya adalah untuk memelihara kepadatan tulang dan juga sendi karena brotowali Ini mengandung kalsium dan juga fosfor adalah zat antioksidan yang mampu mencegah dan juga menangkal penyakit dari osteoporosis dan juga osteoartritis hal ini dapat kalian lakukan dengan membarengi dengan pola hidup yang sehat seperti asupan vitamin D serta rutin berolahraga agar kepadatan tulang dapat terjaga. 

Nah itulah tadi beberapa manfaat dari brotowali sebagai obat yang sudah sejak lama dikenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit namun dengan mengonsumsi brotowali ini tentu dapat menimbulkan berbagai efek yang berbeda tergantung dari orang yang mengonsumsinya Oleh karena itu konsultasikan dulu kepada dokter Jika ingin menggunakan obat herbal yang satu ini agar nantinya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda