6 cara salam tanpa kontak fisik di dunia - JALUR INFORMASI

2.3.21

6 cara salam tanpa kontak fisik di dunia

JALURINFO.ID-Sebelum merebaknya pandemi covid 19 seperti saat ini ternyata sudah sejak lama orang-orang yang di dunia menyapa sambil menjaga jarak bahkan hal ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. 

Dilansir dari travel.detik.com jauh sebelum datangnya Corona seperti sekarang ini salam berjarak telah diterapkan di beberapa negara dan tentu saja hal ini bebas dari resiko tertular penyakit covid-19. 

Berikut ini adalah salam yang berjarak yang telah diterapkan sejak dahulu kala: 

salam unik di dunia

Mengucapkan Assalamualaikum 

bagi umat Islam di seluruh dunia memberikan salam adalah suatu hal yang wajib bagi seluruh umat muslim. Assalamualaikum sendiri memiliki arti sebagai Semoga Allah melimpahkan keselamatan untukmu dan biasanya diiringi dengan gerakan yang bervariasi namun pada umumnya mereka akan meletakkan tangan kanan ke hati dan menunjukkan senyum kebahagiaan saat bertemu hal ini biasanya diterapkan kan kepada lawan jenis dengan merapatkan kedua belah tangan. 

Membungkuk 

Salam dengan cara membungkuk merupakan hal yang lumrah ditemukan di negara Jepang. bagi orang-orang jepang salam dengan cara membungkuk ini mencerminkan status sosial salah satunya jika kalian bertemu dengan seseorang yang kedudukannya lebih tinggi Maka biasanya mereka akan melakukan salam dengan cara membungkuk dipercaya hal ini telah ada Ketika masuknya agama Budha dari Cina di abad ke-6 ke-8 Masehi ke negara Jepang. 

Namun berbeda dengan era modern seperti saat ini di Jepang sendiri salam dengan cara membungkuk dilakukan an-nu'man terima kasih ataupun permintaan maaf dan Selain itu pula biasanya salam dengan cara memukul ini merupakan akhir dari suatu upacara ataupun pertemuan dan juga sambutan an. 

Mengeluarkan lidah mungkin salam yang satu ini mungkin terdengar aneh bagi kalian bahkan dianggap tidak sopan namun berbeda dengan orang-orang yang asal dari Tibet salam yang satu ini dilakukan pada abad ke-9 Masehi.

Saat itu terdapat seorang raja yang bernama Lang Darma yang terkenal kejam dan juga sangat jahat. Sehingga setelah kematiannya membuat orang-orang khawatir bahwa Raja itu akan bereinkarnasi kembali dan untuk mencegah hal tersebut maka mereka melakukan salam dengan menjulurkan lidah untuk menolak bala dan menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. 

Shaka 

Saka merupakan cara salam yang dilakukan oleh masyarakat dari kepulauan Hawaii saka sendiri memiliki arti sebagai lepaskan yang dilakukan dengan cara cara merentangkan ibu jari dan juga jari kelingking sambil melakukan ketiga jarinya ke telapak tangan.

Hal ini ternyata sudah dilakukan sejak awal tahun 1900-an kalau itu dilakukan oleh seorang pekerja pabrik yang kehilangan jari telunjuk, jari tengah dan juga jari manis akibat dari kecelakaan. Namun dibalik peristiwa tersebut ternyata menginspirasi penduduk setempat sebagai cara untuk menyapa orang lain. 

Namaste 

Namaste dilakukan dengan cara menempelkan kedua buah telapak dan dilakukan dengan menundukkan kepala untuk memberi salam gerakan ini dinamai sebagai Anjali Mudra yang biasanya diikuti dengan kata Namaste dan arti dari namaste merupakan bahasa dari Sansekerta yaitu aku tunduk padamu hal ini juga terlihat mat biasanya orang Buddha lah yang menerapkan hal tersebut contohnya adalah di India. 

Wai

wai merupakan salam yang umum dilakukan di Thailand untuk saling menyapa salam wa ini dilakukan dengan cara menyatukan kedua belah tangan di tengah dada dan menundukkan kepala. Namun bukan hanya untuk salam saja, ternyata wai ini juga digunakan untuk ucapan permintaan maaf, ucapan terima serta menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua dan semakin tinggi sentuhan ibu jari entah itu di dagu dahi hidung maka semakin tinggi pula rasa hormat dari orang tersebut. 

Nah itulah tadi beberapa salam dengan cara menjaga jarak yang telah dilakukan berabad-abad yang lalu di mana nih gengs Adakah salam yang biasa kalian lakukan sampaikan di kolom komentar ya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda