5 Peran Pemuda Sebagai Penerus Bangsa - JALUR INFORMASI

5.3.21

5 Peran Pemuda Sebagai Penerus Bangsa

Jangan Loyo ! Inilah 5 peran pemuda bagi kemajuan suatu Negara.


Jalurinfo.id-Masa depan suatu negara tentu di ditentukan oleh generasi muda yang ada. Karena baik buruknya suatu negara akan dinilai dari kualitas para pemuda yang ada di negaranya. Para pemuda tersebut dapat dilihat dari pengetahuannya ingat kreativitasnya hingga mental dan juga fisiknya yang kuat dan mampu bersaing dengan bangsa lain. 

Bahkan Ir. Soekarno pernah mengatakan berilah aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya dan berilah aku 10 pemuda saya akan kuguncang dunia ini. Kalimat tersebut tentu saja menggambarkan betapa dahsyatnya kemampuan dari para pemuda sebagai agen perubahan. 

Sehingga kita sebagai generasi penerus bangsa jangan sampai menjadi pemuda yang apatis dan tidak memiliki kontribusi terhadap perkembangan dan juga kemajuan suatu bangsa oleh sebab itu berikut ini adalah 5 peran penting yang wajib dilakukan oleh para pemuda sebagai para penerus bangsa. 

Peran pemuda bagi kemajuan bangsa

Agent of Change 

Yang pertama peran pemuda adalah sebagai agen perubahan atau Agent of Change yang menjelaskan bahwa Pemuda merupakan pusat dari kemajuan suatu bangsa baik di lingkungan keluarga, pertemanan,masyarakat hingga ke taraf nasional dan juga internasional. Sehingga hal tersebut merupakan hal yang positif dari membawa dampak yang besar bagi kemajuan suatu bangsa. Dan salah satu kunci guna menjadi Agent of Change ini diharapkan Pemuda memiliki yakinan terhadap apa yang mereka miliki serta tidak mudah menyerah terhadap tantangan dan juga hambatan yang akan datang silih berganti baik dari dalam maupun dari luar. 

Agent of development 

Maksudnya Pemuda disini akan berperan sebagai agen pembangunan suatu bangsa artinya para pemuda di sini diharapkan memiliki tanggung jawab dan juga upaya dalam melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai bidang baik daerah hingga nasional. Sehingga pemuda ini akan menjadi di pemeran penting bagi kemajuan suatu bangsa dan juga negara selain berdampak positif bagi negara sendiri para pemuda nya juga akan diperhitungkan di mata dunia. 

Maksud dalam pembangunan ini tidak hanya secara fisik saja namun dapat berupa berbagai macam hal seperti pengembangan kebudayaan tradisional dan memperkenalkannya ke dunia internasional hal tersebut juga termasuk dalam agen pembangunan an-nahl ini dilakukan dengan berbagai macam cara baik secara individu maupun bersama-sama hingga mencapai tujuan di masa yang akan datang. 

Agent of modernizations 

Pemuda sebagai Agent of modernisations yaitu sebagai agen pembaharuan bagi bangsa dengan maksud pemuda di sini memiliki kemampuan dalam menganalisis perubahan-perubahan zaman yang akan berdampak besar terhadap kemajuan suatu bangsa contohnya adalah kemajuan iptek di berbagai bidang. Di sini para pemuda dapat menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi tersebut sehingga generasi penerus bangsa ini tidak akan Tertinggal dan kalah bersaing dengan negara lain. 

Sebagai agen pembaruan pemuda ini tentu akan menghadapi banyak sekali tantangan selain harus mempertahankan identitas dan Ciri khas suatu negara mereka juga akan berusaha untuk menyatukannya dengan kemajuan zaman terutama dari kebudayaan asing yang saat ini sangat mudah untuk kita jumpai. 

BACA JUGA: Perbedaan D4 dan S1

Membangun Pendidikan 

Sudah kita ketahui pendidikan merupakan pondasi yang sangat penting bagi suatu bangsa. Karena tanpa adanya pendidikan maka para pemuda atau generasi penerus pasti akan sangat sulit dalam menjalankan peran mereka sebagai generasi penerus bangsa sehingga diwajibkan para pemuda untuk memiliki pendidikan dari sini juga mereka akan mempelajari berbagai macam hal, dan tentu saja hal ini juga harus diiringi dengan peningkatan mutu pendidikan terutama bagi daerah terpencil yang ada di Indonesia sehingga pemerataan pendidikan ini bisa dirasakan oleh semua penduduk yang ada. 

Mempunyai semangat juang yang tinggi 

Tentunya Pemuda harus memiliki semangat dan juga Daya juang yang tinggi, sehingga para pemuda ini mampu mendapatkan prestasi yang membanggakan serta tetap menjaga nilai-nilai dan juga persatuan. Dengan adanya semangat juang yang tinggi tentu tidak akan membuat buaya para pemuda tersebut meskipun sering mengalami kegagalan namun hal tersebut bukanlah sebuah akhir merupakan awal dari kebangkitan dan juga kesuksesan. 

Hal ini juga tercermin dari semangat Sumpah Pemuda yang dapat kalian lihat di sini Sejarah sumpah Pemuda dan juga Maknanya

Nah itulah tadi beberapa penjelasan mengenai pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu kita ketahui sehingga kita dapat berperan dalam memajukan negara Indonesia dan dapat bersaing dengan bangsa lain. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga menginspirasi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda