JALUR INFORMASI

Info Pendidikan

Daerah

Info Sehat

27.8.21

Tata Cara Shalat Dhuha dan Keutamaannya

tata cara shalat dhuha

Pelaksanaan salat Dhuha yang merupakan salat sunnah sebagai pelengkap ataupun penambah amal ibadah bagi umat muslim. Dalam salat Dhuha ini diibaratkan sebagai pahala yang berlipat ganda dari sedekah. Selain itu doa dalam salat Dhuha jika diamalkan mendapat banyak keutamaan. 

Shalat Dhuha 2 rakaat pahalanya bisa senilai 360 kali sedekah. Anjuran ini terdapat dalam hadis oleh Abu Hurairah " rasulullah SAW berwasiat kepadaku tiga perkara agar jangan ditinggalkan yaitu puasa 3 hari tiap bulan, rakaat dhuha dan juga Witir sebelum tidur". 

Niat Shalat Dhuha

Berikut ini adalah niat salat dhuha ; 

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa

Artinya: "Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala." 


Tata cara Shalat Dhuha

Untuk tata cara shalat dhuha 2 rakaat yaitu sebagai berikut; 

1. Membaca Niat Shalat Dhuha

2. Takbirotul Ihram 

3. Membaca doa Iftitatah (Sunnah) 

4. membaca Surah Al-fatihah 

5. Membaca Surah Asy-Syams

6. Ruku’ dengan tuma’ninah

7. I’tidal dengan tuma’ninah

8. Sujud dengan tuma’ninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

10. Sujud kedua dengan tuma’ninah 

11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

12. Membaca Surah Al-Fatihah

13. Membaca Surah Ad-Dhuha

14. Ruku’ dengan tuma’ninah

15. I’tidal dengan tuma’ninah

16. Sujud dengan tuma’ninah

18. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

19. Sujud kedua dengan tuma’ninah

20. Tasyahud Akhir dengan tuma’ninah

21. Salam

22. Membaca doa sholat Dhuha 

Dikutip dari Buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa’i, bacaan surat dalam sholat Dhuha pada rakaat pertama yakni Asy-Syams. Kemudian di rakaat kedua, surah yang dibaca yakni Ad-Dhuha.

Waktu pelaksanaan Shalat Dhuha 

Sholat Dhuha bisa dikerjakan pada saat matahari sedang naik atau ketika waktunya kurang lebih 7 hasta atau pukul tujuh sampai masuk waktu Dhuhur. 

Doa Setelah Shalat Dhuha 

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh."

26.8.21

Jadwal SKD CPNS dan Persyarat Terbaru

Jadwal seleksi CPNS terbaru


Jalurinfo.id -Halo sobat Info dimana pun kalian berada, gimana nih apakah kalian sudah siap untuk mengikuti seleksi CPNS tahun 2021 ini ? Menurut kabar terbaru dari BKN bahwa seleksi CPNS 2021 terutama untuk seleksi SKD akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

Badan Kepegawaian Negara atau BKN telah menjelaskan secara rinci mengenai beberapa informasi mulai dari pelaksanaan, lokasi hingga waktu seleksi Dari kompetensi dasar atau SKD dari CPNS Tahun 2021 dan juga seleksi kompentensi PPPK Non-Guru 2021. 

Bahwa seleksi tersebut akan dimulai sejak tanggal 2 September 2021 terutama bagi instansi pusat dan juga instansi daerah dengan lokasi tes terkait dari BKN Pusat, kantor regional dan juga UPT BKN. 

Hal ini dikarenakan beberapa titik lokasi yang dimiliki oleh BKN sudah siap baik secara infrastruktur maupun jaringan teknologi dan juga komunikasi. Sehingga dalam pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2021 ini dilakukan secara online dan juga membutuhkan ketersediaan jaringan teknologi yang memadai. 

Sedangkan untuk lokasi tes Mandiri akan dimulai pada 14 September 2021 namun jadwal tersebut tentu bisa berubah dan berlangsung lebih cepat ataupun lebih lambat dari jadwal yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan kesiapan dari instansi masing-masing. jadi buat kalian harap selalu memantau media sosial dari Instansi terkait. 

Terkait pelaksanaan bahkan terdapat beberapa wilayah yang dipastikan hanya akan melaksanakan tes 3 hingga 4 sesi per hari. hal ini dikarenakan kesiapan dari Sarana dan prasarana serta melihat situasi dari kondisi Covid-19 di daerah tersebut. 

Sehingga jika wilayah tersebut terkena zona merah maka perlu dilakukan pengkajian secara utuh dalam pelaksanaan seleksi CPNS tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi peserta untuk selalu memantau informasi dari pelaksanaan SKD dari instansi masing-masing melalui media sosial setiap instansi terkait. 

Berikut ini beberapa syarat yang berdasarkan dari rekomendasi Ketua Satgas Covid-19, untuk pelaksanaan tes SKD CPNS 2021yang  wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, yaitu sebagai berikut :


1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021;

2. Menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker)

3. Jaga jarak (physical distancing) minimal 1 (satu) meter.

4. Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

5. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 (tiga puluh) persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 yang akan dilakukan;

6. Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama.

Selain itu, peserta juga wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di website sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian.

Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi. 

Sejarah dan kronologi lahirnya Pancasila


Halo sobat Info, apa kabarnya nih ? semoga selalu sehat ya, kali ini kita akan membahas lambang dari negara kita yaitu pancasila. pasti kalian sudah gak asing lagi kan, tapi apa kalian tau bagainana sih sejarahnya ?

Maka dari itu dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dari lahirnya Pancasila sebagai dasar dari Negara Indonesia yang berlaku hingga saat ini. ok tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita ke pembahasannya. Pertama-tama tentunya kita harus tau terlebih dahulu, apa itu Pancasila dan pengertian dari pancasila ?

Jadi secara umum Pancasila ini merupakan dasar negara dan juga sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia, yang berdasarkan dari cita-cita yang luhur serta bentuk persatuan dan tujuan dari bangsa Indonesia. 

Sedangkan untuk Istilah dari Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, di mana Panca berarti lima dan Sila berarti dasar atau asas. Sehingga ke lima sila tersebut menjadi pedoman penting bagi rakyat Indonesia, dan diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berikut ini adalah sejarah dari lahirnya Pancasila yang perlu kita ketahui.

Sejarah lahirnya Pancasila

1. Munculnya Istilah Pancasila

Pada awalnya munculnya istilah pancasila ini pertama kali diperkenalkan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni tahun 1945. yaitu dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Dan hal tersebut kemudian menjadi konsep awal dari Pancasila yang saat ini menjadi Dasar Negara Indonesia. Akan Tetapi hal tersebut masih belum final dan masih dalam proses selanjutnya yakni melalui Piagam Jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945. 

Dan juga penetapan Undang-undang Dasar yang juga finalisasi Pancasila pada 18 Agustus 1945. Berikut ini adalah kutipan pemberian nama Pancasila yang disampaikan oleh Ir.Soekarno tersebut.

“Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita yang ahli bahasa dan namanya ialah Pancasila,” tutur Sukarno dalam sidang BPUPKI seperti dikutip dalam buku Tjamkan Pancasila: Pancasila Dasar Falsafah Negara.

Dan pada awalnya konsep dasar Pancasila ini berbeda dari apa yang kita kenal saat ini, karena Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”. 

sejarah pancasila

Berdasarkan hal tersebut BPUPKI kemudian menyepakati bahwa pidato Soekarno-lah yang menjawab pertanyaan sidang, tentang bagaimana bentuk dasar negara Indonesia yang dapat dijadikan pedoman oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sehingga berdasarkan hal tersebut kemudian, dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau (PPKI). PPKI terdiri dari 9 orang dan dalam perjalanannya sempat merumuskan Piagam Jakarta.
Tetapi kemudian isi dari Piagam Jakarta ditolak oleh perwakilan warga dari Indonesia timur.

Sehingga setelah diperbarui maka pada 18 Agustus 1945 ditetapkanlah Pancasila yang kita kenal sekarang ini, seperti tertuang dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berbunyi: 
Satu: Ketuhanan Yang Maha Esa
Dua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Tiga: Persatuan Indonesia
Empat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan
Lima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

2. Kronologi dan Latar Belakang Lahirnya Pancasila

Faktor utama dari lahirnya pancasila ini ternyata berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, sehingga mereka kemudian berusaha untuk mendapatkan hati dari masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Dan Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sidang ini berjalan sekitar hampir 5 hari, dan kemudian pada tanggal 1 Juni tahun 1945, Ir.Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai kemudian membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Panitian 9 tersebut Beranggotakan yaitu:

Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada siding tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah. 
 
Nah itulah tadi sejarah dari hari lahir Pancasila yang perlu kita ketahui, semoga informasi ini
bisa bermanfaat, terima kasih salam Jas merah.


18.4.21

ASN akan Naik Pangkat 2 Tahun dan Usia Pensiun Ditambah

ASN NAIK PANGKAT

JALURINFO.ID-Berdasarkan informasi yang dilansir dari Tribunnews.com yang disampaikan langsung oleh Dirjen otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri yaitu Akmal Malik, beliau telah menyatakan bahwa akan terjadi Proses reformasi birokrasi di tingkat pemerintahan daerah atau Pemda yang tidak hanya terfokus pada satu perampingan eselon isasi saja.

Sehingga kesempatan bagi aparatur sipil negara atau ASN untuk tetap dapat mengembangkan karir dan juga potensinya terus menjadi perhatian.

Akmal Malik menyatakan " intinya akan memberikan ruang yang sama kepada semua ASN dalam berkarir di semua pemerintahan daerah di Indonesia 34 provinsi dan juga 415 Kabupaten sehingga 93 kota" Ungkap Akmal pada Jum'at 16/04/2021.

Bahkan Beliau juga menyatakan telah mengadakan rapat pada hari Kamis yaitu pada tanggal 15/04/ 2021 yang beranggotakan oleh Kepala BKD Provinsi dan juga kabupaten atau kota seluruh Indonesia adanya sistem informasi mutasi daerah yang dilakukan secara virtual dari De Boekit coffee Hambalang Bogor.

Selain itu pendapat tersebut juga didukung oleh facility Sisi kelembagaan kepegawaian dan juga perangkat daerah atau Ditjen otonomi daerah Kemendagri dokter Cheka Virgowansyah, Kementerian PAN dan juga reformasi birokrasi yaitu Haji Jufri Rahman.

Sistem informasi mutasi daerah ini tentunya akan memberi dampak dan memberikan kemudahan bagi setiap ASN dalam memilih daerah yang akan dinilai bisa mengembangkan potensinya serta berbagai manfaat dari reformasi birokrasi yang lebih khusus untuk ASN di pemda.

Hal tersebut juga Perjelas lagi oleh sekretaris utama Badan Kepegawaian Negara yaitu Hj Imas Sukmariah yang menyatakan akan menambahkan perampingan jabatan secara struktural di daerah dan memberikan keuntungan bagi setiap ASN Hal ini dikarenakan dapat memungkinkan terjadinya transparansi dan juga persaingan yang sehat.

Contohnya yaitu seperti Apabila ada ASN yang meningkatkan produktivitasnya maka akarnya akan dapat berkembang bahkan naik pangkat bisa secara 2 tahun sekali dan menjadi pejabat fungsional serta usia pensiunya pun akan ikut ditambah 2 tahun.

Seperti pejabat administrator yang selama ini sebagai kepala bidang dengan batas pensiun mencapai 58 tahun maka akan beralih ke jabatan fungsional yang bersangkutan usia menjadi 60 tahun sebelum usia 60 tahun tersebut maka yang bersangkutan dapat mengikuti tes seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi Pratama.

Jufri Rahman juga menambahkan terkait perampingan birokrasi ini terutama di daerah tak perlu membuat ASN khawatir Hal ini dikarenakan mereka jabatan struktural dengan "Talent tools"yang telah disiapkan oleh BKN semua jabatan fungsional di daerah akan memiliki peluang yang sama serta dapat mengikuti keadaan lelang jabatan pimpinan baik dari Pratama maupun Madya.

Hari ini juga diikuti oleh setiap tahun ya melakukan rekrutmen aparatur sipil negara atau ASN tepatnya pada tahun 2002 satu ini yang telah dimulai sejak awal April pendaftaran sekolah kedinasan.

Lanjutkan oleh pendaftaran bagi guru dengan skema pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja atau pppk dan juga pppk non guru serta CPNS sehingga sudah tentu ASN tetapi seorang ASN belum tentu adalah PNS, 

Hal ini dikarenakan ASN adalah suatu profesi bagi pegawai negeri sipil atau PNS dan pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintahan.

21.3.21

Tips Agar Lolos CPNS Tahun 2021

tips dan cara agar lolos cpns

Bagaimana sih cara agar lolos CPNS Tahun 2021 ? Berdasarkan Pengalaman Terdahulu, Berikut ini adalah Beberapa Tips Agar Lolos CPNS Tahun 2021.

Tips agar lolos CPNS 2021 

Bagi kalian yang telah bersiap untuk mengikuti tes CPNS tahun 2021 yang sebentar lagi akan dibuka akhir Maret ini. Tentunya kalian harus menyiapkan beberapa hal agar bisa sukses dan lolos CPNS tahun 2021. Berikut ini adalah beberapa tips agar lolos CPNS tahun 2021. 

Berlatih soal CPNS 

Untuk kalian yang yang ingin lolos pada CPNS tahun 2021 ini tentunya kalian harus sudah menyiapkan berbagai hal dari jauh-jauh hari agar bisa lolos pada CPNS 2021 salah satunya adalah dengan melakukan latihan soal seperti mempelajari soal-soal kemampuan dasar atau skd soal seleksi kumpulan bidang atau SKB yang tentunya bisa kalian pelajari dari soal-soal CPNS terdahulu yang tentunya masih memiliki pola yang sama dari soal CPNS 2201 ini. 

Mempelajari kisi-kisi materi CPNS 

Kalian yang ingin lolos CPNS tahun 2002 1 tentunya wajib update terhadap kisi-kisi materi CPNS dari tahun ke tahun. Materi CPNS ini sudah sering kita jumpai di dalam buku-buku dan juga aplikasi yang dapat menjadi pedoman bagi kita untuk mempelajari tes CPNS ini. 

Wajib update mengenai informasi CPNS terbaru 

Tentunya kalian harus selalu update mengenai informasi seputar seleksi CPNS tahun 2021 mulai dari pendaftaran, pemberkasan an3 Informasi seperti instansi yang ingin kalian tuju sehingga kalian bisa mengetahui dengan cepat informasi yang penting mengenai seleksi CPNS tahun 2021 ini. 

Biasakan teliti 

Dalam mengerjakan soal-soal cPNS seperti SKD hingga SKB tentunya kalian sebagai peserta harus selalu teliti dalam mengerjakannya. Hal ini dikarenakan dalam soal-soal ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan menjebak yang bentuknya hampir mirip antara satu dengan yang lainnya. Sehingga disini kalian wajib teliti dalam mengerjakan soal tes agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. 

Memperhatikan waktu mengerjakan 

Dalam mengerjakan soal CPNS kalian tidak hanya dituntut untuk teliti melainkan juga harus memperhatikan waktu mengerjakan dan usahakan jangan sampai memakan waktu atau menyita waktu terlalu lama dalam mengerjakan 1 soal. Meskipun ada jenis-jenis tertentu yang cukup sulit untuk dikerjakan dalam waktu yang singkat sehingga kalian harus mengantisipasinya agar tidak menjadi kendala atau permasalahan dalam memanajemen waktu. 

Kerjakanlah dengan tenang 

Dalam mengerjakan soal CPNS tentunya kalian harus tenang jangan Sampai gugup dan menyebabkan hilang konsentrasi sehingga nantinya kalian bisa maksimal dalam mengerjakan soal-soal tersebut hal ini bisa kalian atasi dengan mempelajari dan melatih kemampuan kalian melalui soal-soal kalian pelajari dan kalian dapatkan dari kisi-kisi cPNS terdahulu. 

Pahamilah kondisi dan lokasi tes 

Hal ini juga merupakan faktor penting agar kalian bisa mengerjakan soal dengan tenang karena jika kalian datangnya telat makan nantinya kalian tidak akan bisa berpikir dengan baik maka hindarilah hal-hal yang dinginkan dengan cara datang lebih awal ke tempat tes tersebut sehingga kalian bisa lebih siap dan hasilnya pun akan maksimal. 

Berdoa dan meminta Restu orang tua 

Salah satu faktor penting yang tidak boleh kalian lupakan adalah dengan berdoa dan meminta restu kepada orang tua, hal ini karena doa merupakan salah satu Kunci keberhasilan yang diiringi dengan perjuangan sehingga nantinya kalian bisa lebih siap dan optimis dalam mengikuti seleksi CPNS tahun 2021 ini. 

Demikianlah beberapa tips mengenai seleksi CPNS tahun 2021 ini semoga bagi kalian yang bercita-cita cPNS bisa segera terwujud pada tahun ini selamat mencoba dan jangan pernah menyerah jika hasilnya belum maksimal.

16.3.21

Cara menurunkan berat badan tanpa bahan kimia

Mau kurus tapi hanya dengan cara Alami tanpa Kimia, bisa kok !! coba deh lakukan hal berikut ini.


cara menurunkan berat badan secara alami

JALURINFO.ID-Bagi kalian yang sedang mengalami masalah dalam berat badan dan ingin mencoba cara untuk menurunkan berat badan secara alami tanpa obat dan juga aman bagi kesehatan terutama bagi kalian yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia. 

Namun tentunya proses penurunan berat badan secara alami ini tentu membutuhkan waktu dan proses serta pola hidup yang disiplin agar keinginan kalian untuk menurunkan berat badan ini bisa tercapai. 

Sehingga untuk hasil terbaiknya maka baiknya kalian terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter terutama dokter gizi untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan kalian dan disesuaikan nantinya dengan pola makan yang sehat. 

Tak hanya sampai disitu saja selain dari pola makan tentu kalian harus memantau dan juga mengimbanginya dengan istirahat dan juga olahraga yang teratur maka kalian boleh mencoba beberapa tips berikut ini agar hasilnya bisa maksimal. 

Perbanyak makan tinggi protein 

Tentu saja protein merupakan suatu asupan yang sangat penting bagi tubuh. Protein juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan secara alami hal ini dikarenakan ketika menerima protein tubuh juga secara bersamaan akan membakar kalori, sehingga protein ini merupakan suatu bahan bakar bagi pembakar kalori dan juga pada lemak. 

Makanan yang kaya akan protein juga mampu menjadikan tubuh lebih cepat kenyang dan mengurangi nafsu makan yang berlebihan, berikut ini adalah contoh makan-makanan yang tinggi akan kadar protein seperti telur, dada ayam rumah yogurt, kacang-kacangan sayuran hijau dan juga ikan. 

Kurangi makanan olahan 

Bagi kalian yang sangat suka dengan makanan cepat saji maka ini merupakan hal yang sangat sulit dihindari. Hal ini dikarenakan makanan olahan Ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan juga membahayakan bagi tubuh ketimbang lemak jenuh. 

Sehingga dengan Terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang dengan karbohidrat ini tentu akan membuat fungsi hati melepaskan lemak ke aliran darah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. 

Sebenarnya makanan olahan ini juga dibuat untuk membuat anda merasa ketagihan dan ingin terus memakannya. Contoh saja makanan olahan seperti roti tawar, makan-makan jenis minuman kaleng sereal dan masih banyak lagi lainnya. 

Sehingga bagi kalian yang ingin mengurangi berat badan maka diwajibkan untuk tidak atau menghindari makan makanan yang mengandung bahan-bahan dan gantikanlah makanan tersebut dengan cemilan seperti biji-bijian atau kacang-kacang yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Mengganti cemilan dengan yang sehat 

Bagi kalian yang suka mengemil maka cobalah untuk digantikan dengan cemilan yang sehat yang dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cemilan yang sehat sangat baik bagi tubuh contoh dari cemilannya sehat ini yaitu yogur, salad, telur rebus buah-buahan enggak kacang-kacangan. 

Batasi konsumsi gula 

Gula merupakan salah satu faktor yang harus dihindari terutama bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Jadi kalian harus mengusahakan agar membatasi konsumsi gula seminimal mungkin hal ini dikarenakan gula dapat menyebabkan penumpukan lemak dan juga kenaikan berat badan. 

Nah jika sebelumnya kalian telah berkonsultasi dengan dokter maka kalian akan seberapa besar konsumsi gula harian yang bisa kalian Terima namun jika kalian tidak sempat untuk menemui dokter maka diperkirakan saja minimal berapa gula yang ingin kalian Terima setiap harinya dan usahakan gantilah minum-minuman dengan yang lebih sehat seperti infus water dan juga buah-buahan yang kaya akan serat. 

Banyak minum air putih 

Tak dipungkiri air putih merupakan salah satu elemen penting bagi tubuh kita sehingga membuat minum air putih merupakan faktor yang baik bagi kesehatan. Dan faktanya air putih mengandung kalori yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Caranya dengan meminumnya secara teratur seperti dari bangun tidur 30 menit sebelum makan sehingga dapat mengurangi asupan ketika makan nantinya. 

Minum kopi tanpa gula 

Siapa sangka ternyata kopi juga baik untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan namun ini bedanya kalian harus minumnya tanpa menggunakan gula sehingga antioksidan yang kalian Terima jauh lebih baik dan mampu meningkatkan energi untuk membakar kalori di dalam tubuh. Kopi hitam ini juga ternyata mampu untuk menghindari kalian dari diabetes tipe 2 serta membuat anda merasa cepat kenyang tanpa menambah kalori. 

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah 

Wah buah adalah makanan sehat nya sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Selain kaya akan nutrisi gua juga mengandung air dan juga serat yang baik bagi kepadatan energi di dalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin maka akan baik bagi kesehatan dan juga pembakaran lemak di dalam tubuh tanpa adanya penimbunan lemak yang berlebih. 

Makanlah dalam porsi yang kecil 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka menggunakan piring kecil ternyata mampu membatasi kalian untuk makan secara berlebihan. Sehingga hal ini sangat berkaitan bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan selain itu makan makanan dengan porsi kecil akan membatasi takaran laut diet nasi yang kalian Terima. 

Olahraga secara teratur 

Seperti poin sebelumnya semua hal yang harus dilakukan secara teratur termasuk diimbangi dengan olahraga. Olahraga merupakan salah satu kebutuhan yang perlu kita lakukan terutama untuk lebih cepat membakar kalori dan juga menurunkan berat badan. Olahraga yang perlu kalian lakukan ini tidak perlu yang berat-berat seperti melakukan jogging, bersepeda, rumah berenang hingga senam. Sehingga proses kalian menurunkan berat badan ini bisa seimbang nantinya. 

Demikianlah informasi mengenai beberapa cara untuk menerapkan cara dalam menurunkan berat badan secara alami tanpa obat yang bisa kalian lakukan di sendiri, semoga kalian bisa melakukannya dan menjadikan hal tersebut sebagai gaya hidup sehat yang wajib dilakukan.

Inilah fakta gunung emas di Kongo yang sedang viral

Wow, Inilah fakta gunung emas di Kongo yang bisa digali pakai tangan, pantas ramai yang datang.


gunung emas di kongo

JALURINFO.ID-Saat ini tengah viral mengenai keberadaan gunung emas yang ditemukan di wilayah kivu Selatan negara Kongo, sehingga Hal inilah yang membuat ribuan Orang datang secara beramai-ramai ke lokasi tersebut guna menambang emas. 

Hal ini ternyata bermula sejak bulan Februari ketika menteri pertambangan dari wilayah Kivu Selatan yaitu Venant Burume melakukan penelitian dan mendapatkan hasil bahwa di wilayah tersebut terdapat biji berkandung emas dengan kandungan mencapai 90%. 

Hal inilah yang membuat masyarakat heboh dan datang secara berbondong-bondong makan tak hanya masyarakat saja karena Angkatan Bersenjata dari kongo yaitu FARDC juga ikut datang menjuju lokasi gunung emas tersebut. Letak Gunung Emas ini ternyata berjarak sekitar 50 km dari ibu kota provinsi Bukavu. 

BACA JUGA : Cara menurunkan berat badan secara Alami

Namun kegiatan ini ternyata sempat dilarang oleh pemerintah untuk menghentikan sementara aktivitas penambangan di wilayah tersebut, pemerintah juga memerintah untuk masyarakat ya juga aparat bersenjata agar meninggalkan lokasi tersebut. 

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi para penambang yang datang dan memastikan bahwa mereka telah terdaftar dengan benar sesuai dengan administrasi pertambangan.

Tentu saja hal ini juga untuk menghindari bahwa emas tersebut akan menjadi bahan konflik di negara Kongo sehingga meminta akan segera menindak masyarakat yang tetap datang tanpa terdaftar terlebih dahulu atau yang telah memenuhi syarat. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai gunung emas yang ditemukan di Kongo. 

1. Pertama kali ditemukan

Dilansir dari reuters, penemuan ini dimulai sejak bulan Februari tahun 2021 ketika menteri pertambangan dari wilayah kivu Selatan memberikan laporan bahwa terdapat kandungan biji emas di wilayah tersebut sehingga hal inilah yang memicu masyarakat untuk datang dan Mendulang emas di sana hal ini juga karena pertama kalinya ditemukan gunung emas di wilayah tersebut dengan stok yang sangat melimpah. 

2. Lokasi di desa terpencil 

Penemuan gunung emas ini ternyata berada di desa kecil yang bernama Desa Luhihi yang letaknya berada di provinsi Kivu Selatan di negara Kongo. Yang jaraknya sekitar 50 km dari ibu kota provinsi yaitu Bukavu. Namun meskipun jaraknya cukup jauh tak menyurutkan niat untuk datang ke sana dan mendapatkan emas sebanyak-banyaknya. 

3. Diklaim memiliki kandungan  hingga 90% emas 

Berdasarkan riset yang telah dilakukan sebelumnya ternyata kandungan emas ini sangatlah tinggi yaitu mencapai 90% bahkan hanya untuk yang bagian atasnya saja. Namun Meskipun demikian hal ini masih perlu dikaji lebih dalam. 

BACA JUGA: Tanpa Potongan, THR PNS akan cair bulan Mei

Tentu saja hal tersebut membuat masyarakat menjadi heboh sehingga Hal inilah yang membuat masyarakat bisa menambahnya secara konvensional ataupun hanya menggunakan tangan. 

4. Penambangan dihentikan sementara 

Untuk informasi terbaru ternyata pemerintah dari kongo menghentikan sementara aktivitas yang telah dilakukan di penambangan tersebut hal ini bertujuan untuk mendata semua yang datang ke gunung emas tersebut agar memiliki izin dan mematuhi peraturan yang berlaku sehingga tidak sembarangan orang bisa datang ke tempat tersebut. 

5. Bisa menyebabkan konflik 

Emas merupakan salah satu elemen yang sangat populer di dunia tentu saja hal ini bisa saja menyebabkan permasalahan ataupun Konflik bagi negara Kongo. Terlebih saat ini banyak sekali kelompok bersenjata yang ikut terlibat dan datang ke lokasi tersebut tentu saja hal ini yang sangat dikhawatirkan oleh pemerintah setempat, terlebih jika nantinya emas tersebut digunakan untuk membeli senjata ataupun untuk membayar tentara cara agar melakukan pemberontakan. 

Nah itulah tadi informasi mengenai gunung emas yang sedang viral di Kongo informasi ini dilansir oleh situs CNN Indonesia dan beberapa sumber lainnya.

Cara Membuat Soal Online dengan Google Form langsung dikoreksi otomatis

Mau tau bagaimana cara membuat soal online namun tetap menjaga siswa agar tidak mencontek? Bisa juga melalui Smartphone?. Jawabanya bisa kok ini dia Tipsnya. 


cara membuat ujian online

JALURINFO.IDSemenjak merebaknya pandemi covid 19 ini, banyak sekolah yang diliburkan dan mengganti metode pembelajaran melalui media daring secara online sehingga kita sebagai guru harus tetap menyesuaikan dengan keadaan tersebut. Hal ini dikarenakan pembelajaran via daring ini tentu memiliki kesulitan tersendiri salah satunya adalah mengkondisikan agar bagaimana cara siswa tidak mencontek. 

Jawabannya adalah menggunakan Google form atau Google formulir, yang dapat digunakan oleh kita sebagai pendidik dalam membuat soal-soal secara online dengan mudah dan langsung dikoreksi saat itu juga. Selain itu fungsinya adalah agar siswa tidak dapat mencontek meskipun mereka tidak diawasi secara langsung. 

Makin penasaran kan Bagaimana cara untuk membuatnya, berikut ini adalah cara membuat soal online yang mudah dan dapat mencegah siswa untuk mencontek melalui Google form. 

Tahap pembuatan soal 

Dalam tahap pertama ini kalian sebagai guru harus sudah menyiapkan laptop ataupun smartphone dengan koneksi yang cukup baik, kemudian bukalah Google Search kemudian ketikkan Google formulir. 

Setelah itu pilihlah google formulir tersebut dan bisa langsung login di Google formulir tersebut dan pastikan kalian sudah memiliki email ya. Setelah terbuka maka ada dua pilihan yaitu personal ataupun bisnis, maka Pilihlah yang personal atau akun pribadi. 

Berikut adalah contoh membuat soal online menggunakan google formulir:

1. Ketikan di menu Pencarian tulisan Google Formulir.

cara membuat soal online
2. Setelah kalian berhasil maka langkah selanjutnya  adalah login, dan pastikan telah memiliki aku Gmail ya.

cara membuat soal online
3. Pilihlah yang namanya Pribadi, kemudian kalian akan diarahkan ke menu seperti dibawah ini.

cara membuat soal online

4. Setelah berhasil, maka kalian sudah siap untuk membuat soal-soal ataupun ujian secara online, untuk itu maka kalian bisa buat di menu baru dengan klik ikon + atau tulisan kosong.

cara membuat soal online

5. Setelah berhasil maka tampilannya akan seperti gambar diatas, dan isikan sesuai dengan format soal kalian ya. sebagai contoh sesuai dengan gambar diatas.

cara membuat soal online

6. Kemudian buatlah nama-nama Siswa sebagai absen kalian, agar nantinya hanya merekalah yang bisa login ke soal-soal dari google form tersebut. berikut ini adalah contohnya.

cara membuat soal online

2.Setelah kalian mengisi judul dan juga absen siswa maka langkah selanjutnya kalian harus membuat password agar yang bisa login ke ke Google Form tersebut hanyalah siswa kalian, berikut ini adalah caranya. 

cara membuat soal online

3. Setelah kalian selesai membuat password dan juga kata sandi maka kalian bisa mengikuti langkah berikut ini. oh iya jangan lupa tanda wajib di isinya dinyalakan ya.


4. Jika sudah maka isilah judul sesuai dengan soal kalian kemudian sekarang Buatlah pertanyaan yang telah kalian siapkan dan tulis di kolom yang telah disediakan, dengan cara klik dimenu garis 2 yang paling bawah dari ikon +.

5. Jika soal-soal berhasil kalian buat makalah selanjutnya yaitu Bagaimana caranya agar soal tersebut bisa auto correct dan menghindari agar siswa tersebut tidak mencontek, maka kalian bisa mengikuti beberapa pengaturan berikut ini, sesuai dengan gambar yang sudah ditampilkan. 


6. Menu tersebut terletak di menu bagian paling atas yang bentuknya berupa gear ya,disitu kalian tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan di gambar.

7. Oh iya jangan lupa semua soal di ubah skornya sesuai dengan nilai kalian, selain itu pilihlah jawaban yang benar dengan cara klik pilihan jawaban hingga berwarna hijau. kemudian tinggal kalian klik simpan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


8. Setelah selesai maka langkah selanjutnya kalian bisa langsung meng-share ke siswa kalian sehingga soal-soal dapat langsung dikerjakan secara online tanpa khawatir mereka akan mencontek dan Kalian juga tidak perlu repot-repot menilainya satu persatu. 

9. Cara mengirimnya yaitu dengan klik tulisan kirim di pojok kanan, kemudian gak bisa langsung mengklik icon Rantai yang tengah dan Kalian juga bisa memperpendek url nya kemudian tinggal klik tombol salin dan sera ke beberapa media seperti WhatsApp maupun telegram ataupun grup kelas. Berikut ini adalah coontohnya.

cara membuat soal online melalui hp

Gimana mudahkan dan jika masih mengalami kendala ataupun bingung dalam membuat soal online tersebut maka dapat langsung kalian sampaikan di kolom komentar ya.

15.3.21

Tanpa Potongan, THR PNS akan Cair pada bulan Mei

Kabar Baik !! THR akan Cair pada bulan Mei mendatang, catat tanggal pastinya.

THR PNS Tahun 2021

JALURINFO.ID-Dilansir dari CNN Indonesia, Tunjangan hari raya atau THR mulai dari PNS, TNI dan juga Polri akan dibayarkan secara penuh pada tahun ini hal ini bahkan telah disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Indonesia yaitu Sri Mulyani Indrawati bahwa pada tahun ini tHR akan diberikan secara penuh. 

Meskipun pada tahun lalu THR yang diterima oleh PNS Ini dipangkas guna menanggulangi penanganan dampak covid 19. 

Sehingga pada tahun ini merupakan kabar baik karena hal tersebut tidak akan terjadi dan pemerintah akan mengembalikan lagi pemberian gaji ke-13 juga THR sesuai dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Pada tahun ini pemberian gaji ke 13 dan juga THR akan sesuai dengan tunjangan kinerja. Hal ini tentu menilik pada pola tahun sebelumnya, Kementrian keuangan akan mencairkan THR bagi PNS TNI dan juga Polri paling lambat 10 hari sebelum hari raya idulfitri. Sehingga jika pada lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 12 hingga 13 Mei 2021, maka tunjangan hari raya ini akan diprediksi cair pada awal bulan Mei mendatang. 

BACA JUGA: Gaji yang akan diterima CPNS 2021

Hal ini berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2019 yang menyatakan bawa THR yang terdiri dari gaji pokok 1 bulan, jangan keluarga, tambahan dan juga tunjangan dari kinerja. Dan tentunya tunjangan yang diterima oleh PNS ini tentunya akan bervariasi hal ini sesuai dengan instansi atau lembaga yang menaunginya, 

selain itu jabatan dan juga kinerja dari PNS tersebut merupakan faktor penentu dari besaran gaji atau THR yang akan diterima. 

Hari ini berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 20 tahun 2011, menyatakan pedoman dari perhitungan tunjangan kinerja pegawai negeri sipil akan didasari oleh hasil evaluasi jabatan serta pencapaian prestasi kerja dari PNS tersebut. 

Hal ini akan menentukan besaran dari tunjangan kinerja PNS yang lebih adil,, anda juga konsisten sesuai dengan format jabatan dan perhitungan dari tunjangan kinerja. 

Contohnya seperti untuk jabatan struktural maka akan digunakan faktor dan juga kriteria seperti ruang lingkup dari program dan juga dampak pengaturan organisasi wewenang penyelidikan, manajerial serta hubungan personal. 

Kemudian yang kedua untuk jabatan fungsional maka akan dipertimbangkan mulai dari pengetahuan yang dibutuhkan oleh jabatan, pengendalian dan juga pengawasan serta pedoman kerja dan kompleksitas tugas. 

Sedangkan untuk yang ke-3 akan ditentukan oleh tingkat jabatan, hal ini Tentunya setelah menyesuaikan dengan tingkatan jabatannya setidaknya saat ini terdapat 17 tingkat jabatan di ASN dengan nilai yang berbeda-beda kelasnya. 

Dengan nilai jabatan terendah mencapai 190 sedangkan yang tertinggi yaitu 4730. Dan untuk besaran indeks rupiah sebesar Rp5.000, dan dari sinilah akan dihitung tunkin dan juga tinggal merujuk saja pada nilai jabatan yang dikalikan dengan indeks rupiah tersebut. 

Contohnya saja seperti PNS di tingkat 17 dengan besaran gaji sebesar 4730 maka tinggal dikalikan saja dengan Rp5.000 dan dapatlah angka Tukin sebesar 23, 65 juta rupiah. 

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai besaran gaji THR yang akan diterima oleh ASN mendatang. Semoga saja kabar ini memang benar seperti yang telah dikatakan oleh Menteri Keungan sebelumnya.

Manfaat Daun Kemangi bagi kesehatan

JALURINFO.ID-Daun kemangi merupakan salah satu menu yang sering kita temui di berbagai olahan sebagai lalapan hingga penyedap rasa. Namun dibalik hal tersebut ternyata daun kemangi ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. 

Daun yang memiliki aroma wangi ini ternyata sudah lama digunakan sebagai tanaman herbal yang berkhasiat karena daun kemangi Ini mengandung air, karbohidrat, protein, antioksidan Lutein, serat dan juga zeakanthin. 

Tak hanya sampai disitu daun kemangi yang mampu menghilangkan bau mulut ini ternyata juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti zat besi, museum, magnesium, fosfor,, bola.com vitamin A, vitamin C dan juga vitamin K. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun kemangi bagi kesehatan tubuh. 

manfaat daun kemangi bagi kesehatan

Dapat memelihara kesehatan jantung 

Daun kemangi ternyata dapat memelihara kesehatan jantung Hal ini dikarenakan terdapat kandungan betakaroten dan juga magnesium yang tentunya berguna bagi kesehatan jantung. Sehingga mengonsumsi daun kemangi ini sangat baik bagi tubuh namun tentu saja hal ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti pola makan yang sehat olahraga yang rutin sehingga hal ini ini akan baik bagi tubuh. 

Dapat melawan kanker 

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan sehingga penyakit ini sangat dihindari oleh kita. Namun tahukah kalian ternyata daun yang mudah kita jumpai sebagai lalapan ini ternyata memiliki fitokimia yang mampu melawan sel-sel kanker, seperti kanker kulit, kanker mulut, kanker paru-paru dan juga kanker hati. Namun tentu saja hal ini juga masih perlu dilakukan riset lebih mendalam agar dapat dipastikan bawa kemangi ini memang benar-benar melawan kanker tersebut. 

Mencegah penuaan dini 

Di sini Siapa sih nggak mau kalau selalu tampil terlihat awet muda pasti semuanya mau kan? Ternyata daun kemangi ini juga sangat baik bagi kulit hal ini dikarenakan terdapat kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada daun kemangi, sehingga dengan mengkonsumsi daun kemangi ini secara rutin memiliki potensi untuk mencegah penuaan dini. 

Menjaga sistem pencernaan 

Daun kemangi juga memiliki kandungan yang baik untuk sistem pencernaan terutama akibat luka pada lambung hal ini berdasarkan penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat menurunkan kadar asam pada lambung serta dapat meningkatkan pelepasan lendir-lendir pada lambung tersebut. 

Mencegah keputihan 

Sebenarnya keputihan merupakan hal yang wajar bagi wanita, namun terkadang keputihan ini juga terjadi secara tidak normal dan mengganggu, di sinilah daun kemangi dapat mengatasinya caranya dengan mengonsumsi daun kemangi ini secara rutin karena daun kemangi dapat menghilangkan jamur penyebab keputihan yang mengganggu tersebut. 

Meningkatkan fungsi pembuluh darah 

Daun kemangi ternyata juga baik bagi udara hari ini telah dibuktikan oleh para peneliti bahwa dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin terutama direbus maka dapat mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah seperti penyakit stroke tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. 

Mengatasi lemah pada pria 

Daun kemangi sudah disebutkan bahwa mengandung salah satu komponen seperti bioaktif yang tentunya dapat juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi pria loyo dan meningkatkan gairah sehingga masalah di ranjang ini segera diatasi dengan mengkonsumsi daun kemangi tersebut. 

Nah itulah tadi beberapa manfaat dari daun kemangi yang sering kita jumpai, semoga dengan ini kita bisa mengetahui bahwa terdapat banyak sekali manfaat dari daun herbal tersebut.